Ke Rumbai Lagi…

Hari ini Tati janji sama Opi untuk berkunjung ke rumahnya. Opi yang ABAS (Anak Bandung Asli) adalah teman Tati sama2 alumni ESQ dan sama2 jadi ATS (Alumni Training Support) di beberapa training ESQ di Pekanbaru. Opi selama 8 tahun terakhir menetap Pekanbaru, persisnya di camp Rumbai, mengikuti suaminya yang bekerja di salah satu perusahaan minyak besar di negeri ini.

Tati udah lama banget gak ke camp Rumbai, meski daerah ini masih termasuk wilayah administratif kota Pekanbaru, dan hanya sekitar 15 km dari pusat kota. Ya mau ngapain juga ke sana kalo gak ada juga yang mau dituju..?

Camp Rumbai adalah suatu wilayah yang dikelola oleh sebuah perusahaan minyak besar di negeri ini sejak tahun 1950an (kalo gak salah). Di wilayah ini terdapat perkantoran plus pemukiman dan segala fasilitas hidup lainnya. Dulu di media massa sering muncul tulisan2 “Rumbai itu America-nya Indonesia“, karena penataan lingkungan & fasilitasnya emang berorientasi ke sono dan modern banget untuk zaman itu…

Dulu siyy waktu belia Tati senang banget kalo dibawa ke sana.. karena tahun2 1970-1980 fasilitas di sana tuh lengkap banget, sementara Kota Pekanbaru belum ada apa2… Misalnya, tahun2 segitu di Pekanbaru tuh belum ada kolam renang, nah di camp Rumbai sejak tahun 1950an (kalo gak salah) udah ada kolam renang ukuran kurang lebih 50m x 25m dengan guards yang ready di empat penjuru mata angin.. Jadi safe banget deh buat anak2 main di sono…

gank-pku2.jpgTerus di Rumbai Country Club (RCC), tempat dimana kolam renang berlokasi, juga ada Snack & Bar yang nyediain burger, sandwich, kentang goreng & ice cream yang beneran ueeennnaaakkk.. !!

Sampai sekarang tuh rasanya gak ada deh yang bisa ngalahin enaknya makanan2 di RCC. Terserah orang mau bilang sejuta nama outlet fast food yang nyediain burger, sandwich, kentang & ice cream…. Semua lewwwaaattttt…. !! Kayaknya siyy semua bahan2nya impor.. Mana harganya murah pula karena disubsidi perusahaan. Tati aja masih ingat nama salah satu tukang masak di situ, Pak Bayan… Hehehe. Dimana ya itu bapak sekarang..?

Yang lebih asyiknya lagi.., selain duduk di teras RCC yang luas dan lega serta menghadap kolam renang, kita juga bisa menikmati makanan2 tersebut sambil duduk2 di taman di sekitar kolam renang, di bawah2 payung2 besar yang juga menghadap ke lapangan golf yang berbukit2… Asyik gak..? Padahal itu masih tahun 1970-an, bow….!!!

Di camp ini juga tersedia sekolah dgn kualitas yahud, bowling center, library dll. Sekarang selain TK s/d SMA Cendana bahkan ada American School..! Pokoknya lengkap dehhh buat bikin penghuni camp hidup nyaman. Segala fasilitas di camp ini hanya bisa dinikmati oleh keluarga pekerja di perusahaan tersebut plus segolongan orang2 pemerintahan dan keluarganya yang diberi izin oleh perusahaan… Zaman masih pecicilan selain ke RCC, Tati dan teman2 juga seneng banget muter2 ke daerah ini karena lingkungannya yang asri… Bahkan bisa2nya kita naik sepeda rame2 di minggu pagi ke daerah ini… Pulangnya, gempooorr….!! Pegel banget lageee…!!

Ternyata untuk masuk ke camp saat ini repot juga, gak kayak zaman bahuela.. Tadi aja Tati mesti registrasi dulu plus ninggalin ID di post satpam. Kayaknya dulu gak gitu2 banget deh, meski emang ditanya2in juga kalo mau masuk ke daerah tersebut.. Mungkin karena kondisi keamanan negeri kita yang juga semakin gak jelas, dan emang mobil Tati gak punya sticker khusus buat kendaraan yang boleh masuk ke lingkungan camp..

Suasana di camp masih seperti beberapa tahun yang lalu.. cuma kayaknya lebih sepi.. Kalo dulu tuh kayaknya cukup banyak aktifitas, terutama kalo weekend gini kita akan menemukan para teens keliaran di sekitar RCC. Mungkin karena main office perusahaan ini enggak di Rumbai lagi, melainkan udah pindah ke Duri. Mungkin juga mall2 yang ada di kota lebih menarik dari pada menghabiskan waktu menikmati fasilitas2 camp. Tapi lingkungan di sekitar perumahan masih asri dan teratur…

Rumah Opi berada di pojokan jalan utama, tapi depannya masih hutan di lingkungan camp… Udaranya segar, jauh dari sesaknya perumahan di pusat kota Pekanbaru… Rumah yang lapang dan lingkungan yang nyaman…, tempat yang ideal buat membesarkan anak2.. Tapi ya itu, masyarakatnya yang terlalu homogen juga bisa bikin kepekaan sosial anak jadi enggak berkembang… (Tapi itu mah tergantung, gimana orang tua ngarahin kali yaa…??)…

Camp Rumbai ternyata masih jadi tempat yang asyik buat dikunjungi meski tahun2 telah berganti…

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s