Kebahagian di Pagi Hari

Setiap pagi… begitu bangun dari tempat tidur, Tati selalu membuka pintu rumah terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lain.. Supaya bisa merasakan udara pagi yang menimbulkan rasa segar dan kebahagian kecil… Ritual ini membuat Tati merasa semangat untuk memulai hari..

Tapi pagi ini….., begitu pintu dibuka, bukan udara segar yang masuk, melainkan bau asap akibat kebakaran hutan.. Hmmm… mulai lagi niyy… Padahal udah lama bau yang begini gak muncul..

Sumatera bagian tengah seperti juga Kalimantan rentan banget dengan kebakaran hutan, secara daerah ini sebagian besar merupakan lahan gambut yang sangat mudah terbakar.. Penyebab kebakaran bisa jadi karena unsur kesengajaan maupun tidak.. Lahan di daerah sini biasanya dibakar dalam rangka land clearing dengan harga murah. Maksudnya? Ya buat pembersihan lahan tanpa mengeluarkan biaya untuk tenaga dan sewa alat berat. Karena di daerah ini masih banyak dilakukan pengembangan kebun2 sawit yang secara ekonomi bernilai tinggi. Yang menyedihkan para pemilik modal suka gak memepertimbangkan bahwa tanaman sawit menyerap air sangat tinggi dan akan merusak siklus dan supply air dalam jangka panjang… Belum lagi dampak dari kebakaran hutan.. Banyak masyarakat yang gak tau apa2 mengalami ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), belum lagi resiko kecelakaan lalu lintas bila asap membuat jarak pandang menjadi terbatas…

Kalo udah sampai bau-nya kemana2 seperti kali ini, pasti luasan lahan yang terbakar cukup significant.. Rasanya ini adalah kegiatan yang punya nilai ekonomi yang tinggi.. Kenapa ya, orang2 masih aja lebih mendahulukan kepentingan jangka pendek.. Apa kurang tuh kampanye “Global Warming” buat mereka…? Kenapa mereka gak mau berpikir bahwa dunia ini bukan hanya milik mereka..? Dunia ini bukan hanya tempat mencari keuntungan sebanyak2nya..? Kenapa mereka tidak membiarkan kita merasakan kebahagian kecil di pagi hari yang bisa membuat kita bersemangat beraktivitas sampai sore hari..

Para pemilik modal, biarkan kami menikmati dunia kami.. Biarkan kami menghirup udara segar di pagi hari…. Biarkan kami sejenak merasakan kebahagian di pagi hari..

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s