Jajanan Ramadhan…

Bulan Ramadhan itu kan bulan menahan diri dari segala hawa nafsu. Tapi ternyata di bulan puasa, sulit untuk menahan selera… Banyak yang jual makanan yang ueeeeenaaaak2 banget.., yang gak dijual pada hari2 biasa.. Biasanya cuma dijual di pasar2 Ramadhan, yaitu pasar kaget yang cuma jualan selama bulan Ramadhan..

Secara Tati gak masak di rumah. Kan kalo masak pasti ada minimalnya.., dari pada gak habis… mendingan beli pas2 buat makan aja… Itu juga kadang2 gak habis sekali makan, karena belinya “lapar mata”.. Hehehe.. Puasa sih puasa.. tapi nafsu pengen makan segala macam saat buka puasa sulit dibendung… Hehehe. Jadi ingat komentar Mas Dadang, senior di kantor.. “Mbak Sondha, kok bulan puasa tambah gendut, siiiyyyy…?”. Jadi malu deh kita…!! Padahal sumpah, timbangan turun 2 kg, lho….!!! Hehehe. Enggak jelas yang nambah dimana, yang turun dimana…

Hampir tiap hari, Tati tuh jalan2 nyari makanan.. Biasanya ke Pasar Ramadhan yang berlokasi di sisi timur Kampus Universitas Riau (UNRI) Jl.Patimura.. Di sini banyak banget yang jual makanan… Jenisnya juga macam2… Ada yang jual pempek dan kawan2 : tekwan , model, otak2, adaan, lenjer, kapal selam dll… Ada yang jual ikan bakar, ayam bakar… dan berbagai macam lauk dan sayuran… bahkan ada yang jual sayur atau lauk yang dimasak dengan jengkol…. Waduuuuuhhhh… Tati tuh suka penasaran, dengan yang berbau jengkol… Kenapa gitu? Iya, soalnya teman2 selalu bilang jengkol itu uenak banget, tapi Tati gak pernah makan dan takut buat nyobanya, karena dari kecil Tati dilarang ibu buat makan… Jadi penasaran ya tinggal penasaran… Gak berani nyoba, takut kecanduan… Hehehe….

Di Pasar Ramadhan UNRI, Tati hobby-nya nyari kripap… Apa itu…? Kripap itu sejenis pastel, tapi isinya ubi jalar yang dimasak dengan bumbu kare.. Jadi spicy banget… Jangan coba2 belinya lewat dari jam 16.30 yaaa…. Anda bisa kecewa, karena udah sold out… Tati juga seneng banget beli kue yang bagian bawahnyan ketan terus di bagian atasnya tepung beras rasa padan.. Ini juga enak banget…

Tempat favorit nyari makanan buka puasa yang lain berada di Jl. Hang Tuah, di depan SD Teladan, sekolah Tati dulu… Di sini ada yang jual wadai, kue2 khas Banjar, yang merupakan salah satu etnis yang dominan di daerah Indragiri Hilir, dan kemudian juga banyak menetap di Pekanbaru.. Nama tokonya PAPADAAN..

Di sini dijual berbagai macam amparan tatak alis kue talam… Ada tatak pisang, tatak jagung, tatak nangka.. semuanya delicious…. Dan bisa bikin ngecezzzzz… Hehehe..
Di sini juga dijual, kue sejenis serikaya yang manis dan lembut…, juga ada bingka ubi dan ada pastel yang isinya ikan sardencis yang ditumis… Kalo mau bela beli di sini, sebaiknya sebelum jam 14an.. Kalo setelah jam segitu…, biasanya udah pada habis tuh kue2nya.. Oh ya, di sini juga ada jual ayam masak habang (ayam masak merah), juga khas etnis Banjar. Sayangnya, ayamnya gak ayam kampung… Kalo ayam kampong, lebih enak lagi…

Tati kadang2 juga ke pasar ramadhan yang berada di halaman Kantor Camat Bukitraya,, Di sini Tati biasanya nyari cendol yang dibuat pakai pandan dan gula asli… Atau kadang2 juga ke pasar ramadhan yang di Jl. Kartini, di depan rumah sakit polisi. Kalo di sini, biasanya nyari lotek yang diulek saat kita beli.. dan bumbunya emang enak banget…, pas sama selera Tati..

Kadang Tati juga kangen pengen makan buah Melaka alias kelepon. Waktu Tati kecil Buah Melaka yang palin enak itu buatan Ibu Hutagalung di Jl. Tambelan. Tapi sekarang beliau sudah almarhummah, jadi gak ada lagi. Jadi kalo pengen, sekarang mesannya di Jl. Pisang, di sekitar Jl. Cempedak. Tapi mesti pesan, karena beliau gak punya stock yang siap jual..

So…, godaan selera di bulan puasa itu emang luar biasa…..!! Tapi juga sekaligus ada keasikan sendiri berburu makanan… Btw, di pasar Ramadhan Tati sering ketemu teman2 dan kenalan2 lama yang di hari2 biasa jarang banget bisa ketemu… Ini juga merupakan salah satu hal yang Tati rindukan pada bulan2 bukan ramadhan…. Ramdhan oh Ramadhan… Mudah2an tahun depan bisa jumpa lagi yaaaa…. Amin Ya Rabbal Alamin****

Bingka ubi

Kue Srimiskin… eh Srikaya

Kue lapis Ketan

Pastel Isi Sarden

Buah Melaka alias kelepon kata orang Jawa

One thought on “Jajanan Ramadhan…

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s