Ngajar Matematika…?

Kamis, 6 September 2007 sekitar jam 20.30an…

Tidit tidit, hp Tati bunyi.. Pas dilihat, ternyata ada sms masuk.. Dari Ida. Isinya : “Sondha, mau gak besok jam 5 sore ngajarin Shasha matematika?”. Shasha adala putrinya Ida yang besar, kalo gak salah kelas 2 SMP sekarang. Dalam pikiran Tati, “Gak salah nihh..? Ngajar matematik? Hari gini? Ketika pelajaran matematik udah jaaaaauuuuuuhhhhh banget dari pikiran Tati? Yang benen…? (kata Ananda waktu kecil, kalo bilang “yang bener?”)”

Tati lalu mendial no hp Ida. Begitu diangkat…
Ida : “Assalammualaikum”
Tati : “Waalaikum salam”
Ida : “Bisa awak tu? Bisa lah yaaa… Awak tu kan di IPB masih kenal matematik, Ida kuliah di fakultas hukum.. Mana kenal matematik lagi.”
Tati : “Sama, aja lagi, Da. Sondha kan dapat matematik Cuma sampai semester 2, setelah itu cuma dapat statistic dan statistic non parametrik. Itu kan juga udah lama. Kayaknya otak udah karatan deh… Hehehe”
Ida : “Coba aja lah dulu. Soalnya bahasa matematik sekarang ini kayaknya lebih ruwet, binomial, polynomial, ‘ntah apa2 istilahnya. Ndak ngerti Ida, do..! Awak tuh mungkin masih dapat lah waktu kuliah.. ”
Tati : “Ya, udah. Besok kita lihat aja lah sama2, ya. Kita keroyok aja… Hehehe.”
Ida : “Kami tunggu besok jam 5 sore di hotel Rauda ya.”
Tati : “Insya Allah, ya. Assalammualaikum.”
Ida : “Waalaikum salam.”
Klik, telepon ditutup.

Jum’at jam 5an sore, setelah usai jam kantor dan sempat singgah ke kantor yang satu lagi, Tati pergi ke hotel Rauda. Hotel milik keluarga Ida, yang juga jadi basecamp Ida dan saudara2nya sehari2.. Ada 2 kamar di dekat lobby yang memang disediakan buat Ida beserta saudara2 dan anak2nya..

Ternyata di basecamp, udah ada Ida, Shasha, Arshad (adik Shasha), Kak Yaya, Nana (anak kak Yaya, yang sekelas dengan Shasha), Wewen (adik Ida), Didi (suami Wewen, teman sekelas Tati di Satu Sebelas SMA 1 tahun 1983), beserta anak2 mereka. Seru… Heboh… Gak lama, pasukan bubar, tinggal Tati, Ida dan 2 anaknya.

Kita mulai deh liat2 soalnya.. Ternyata persamaan matematik (a+b) (a-b). Kita sempat garuk2 kepala sambil cengar cengir… Mikir gimana nyelesesin soal2 tersebut… Sambil mengingat2 kelakuan kita yang hancur zaman SMA.. Hehehe. Ida sih ngingatnya, kebiasaan kita goncengan motor pergi dan pulang sekolah… Iya, Tati tuh kalo pergi dan pulang sekolah suka muter dulu jemput Ida. Soalnya rumah kita gak searah.. Gak tau ya…, kayaknya asyik aja tuh ke sekolah ada temennya… Bisa ngobrol di jalan… Tapi Ida sambil ngasi2 isyarat ke Tati, supaya Shasha gak denger kebandelan Mamanya di masa muda.. Mungkin takut anaknya jadi niru, atau protes kalo dilarang.. Hehehe… Biasanya, buah jatuh gak jauh dari pohon, lho Da… !!! Tapi tenang aja, insya Allah Shasha jadi anak yang baik kok…, karena dulu kalo kita2 bandel, Ida tuh Cuma follower kok… Biang keroknya kalo gak Tati, ya Inda.. Jadi kita2 nih yang dosanya lebih besar… Hehehe..

Kira2 setengah jam… kelar deh beberapa soal.. Tapi ada juga, soal yang Tati dan Ida gak mudeng.. Kayaknya kita mesti baca2 buku teori matematik dulu deh…. Akhirnya karena udah mau magrib, terpaksa acar bikin PR ditutup…

Btw.. ketemu teman lama dengan anak2 dan keluarganya memberi kesan tersendiri.. Menemukan kehangatan keluarga… menemukan sahabat lama..
Ida, thank you for let me feel it…
***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s