Being Single Is Not Bad At All…

Setelah cerita 2 kejadian tidak enak karena “kesingle-an”… Tapi pikir, Tati harus cerita juga imbangannya… Karena Tati yakin, segala sesuatu dalam hidup seperti koin, punya 2 sisi. Sisi baik dan sisi buruk.., Sisi menyakitkan dan sisi menyenangkan… Sisi sedih dan sisi bahagia… So, menurut Tati begitu juga dengan kesendirian…, pasti punya 2 sisi…

Secara kodrati, gak ada orang yang mau selamanya hidup sendiri.. Karena di Kitab2 Suci pun dinyatakan bahwa manusia diciptakan berpasang2an.., tapi kan tidak ada penjelasan umur berapa kita akan ketemu dengan pasangan hidup kita… Jadi mengapa hidup harus terhenti untuk menunggu sesuatu yang gak jelas kapan datangnya…?

Buat Tati yang sudah keluar rumah sejak usia 18 tahun, hidup sendiri itu bukan hal yang baru… Karena meski punya teman di sekitar, Tati tuh secara mentally hidup sendiri. Menimbang segala sesuatu sendiri, memutuskan suatu langkah sendiri, menjalani langkah yang sudah dipilih sendiri… Kalau pun ada keluarga atau teman di sekitar, umumnya mereka berperan sebagai pemberi masukan, pemberi dukungan.. FINAL DECISION ada di tangan Tati…, dan Tati yang menjalaninya, SENDIRI… Itu untuk hal2 besar..

Untuk hal2 kecil, Tati ditempa oleh keadaan untuk mandiri..
Waktu kost di Cirahayu 4 dan 5, akhir pekan gak masalah, karena banyak teman kost yang bukan anak Jakarta, sehingga punya teman di kost2an. Tapi setelah tinggal di Pangrango16, weekend artinya sendiri di tempat kost.. Terus Tati ngapain..? Tati selalu pergi ke Toko Buku Gunung Agung di Plaza Internusa (sudah terbakar nihh..), membeli beberapa buku untuk dibaca selama weekend..

Urusan makan, Tati juga sudah terbiasa pergi makan sendiri.. Bahkan kalau lagi pengen makan di restoran tertentu, Tati biasa pergi sendiri.. Tapi untuk melakukannya di Pekanbaru, lebih berat buat Tati, sehingga lebih pilih tempat dan waktu.

Urusan bergerak kemana2 sendiri Tati juga udah biasa…Tinggal bertahun2 di luar rumah benar2 membuat Tati gak terbeban kalau harus pergi sendiri, meski larut malam, asal alasan dan tujuan perginya jelas.. Sekarang aja, kalau ada pekerjaan yang membuat Tati dan teman2 harus ngantor sampai larut malam atau larut pagi…, pulang sendiri buat Tati gak masalah. Insya Allah aman, asal alasan dan tujuannya baik, terus jalannya pake perhitungan…

Kondisi mandiri sejak belia ini telah membentuk Tati sehingga tidak merasa terbebani kalau harus ngapa2in sendiri… termasuk tinggal sendiri.

Bu Veni, istri mantan boss di kantor pernah nanya. :. “Jadi kalo kamu pengen ngomong, gimana donk, ‘Ndha?”
Tati : “Ya, kalau di rumah, saya gak ngomong2. Kalo ngomong sendiri, ntar saya dikira tetangga orang gila, bu. Hehehe. Tapi kalo saya bener2 lagi pengen ngobrol, ya saya telpon temen aja. Syukur2 teman yang ditelpon gak keberatan.”

Kesepian…?
Karena keluarga tinggal di kota yang berbeda, ya pastilah ada rasa sepi.. karena yang namanya manusia itu kan makhluk sosial..

Menyedihkan ?
Enggak sama sekali… karena Tati berusaha menikmati keadaan… Mengisi weekdays dengan kerja dan kerja… Lalu mengisi weekend dengan jalan2 ke toko buku, toko kaset/CD/VCD?DVD, membaca, nonton di rumah atau sekali-kali main ke rumah teman.

Soal cinta…,
Kita yang single punya banyak cinta buat orang tua, kakak adik dan ponakan.. Pada prinsipnya, kita nikmati aja hidup yang ada… Pasti semua ada hikmahnya..

Yang jelas, hidup sendiri membuat kita punya banyak kesempatan untuk “ngobrol dengan diri sendiri”, membuat kita lebih banyak berpikir tentang hidup dan kehidupan… Yang insya Allah membawa kebaikan bagi pematangan diri.

Hikmah lain Tati masih sendiri, rumahnya bisa agak berantakan. Mau ada tumpukan buku dan majalah dimana2, gak masalah… Hehehe. Lalu Tati juga bisa pergi kemana aja kapan aja. Misalnya kayak sekarang2 bisa pergi ke Medan buat ngunjungi Papa dan Mama, kapan aja asal kerjaan di kantor aman dan kantong memungkinkan…

So, Being Single Is Not Bad At All, kan…? Bukan sesuatu yang memalukan, bukan sesuatu yang menyedihkan. Kalo para teman2 kita perempuan yang berumah tangga dan punya anak bisa dengan bangga mengatakan, “A Proud Mom of…..”, kita yang single gak perlu takut mengatakan I am Single. Karena single bukan lah suatu kekurangan, bukan suatu aib… Jangan pernah mau terhakimi oleh penilaian orang2 di lingkungan kita yang belum tentu benar…

Jadi ingat tulisan Susan Polis Schultz….

This Life is Yours..
Take the power to make your life happy,
No one else can do it for You….
***

3 thoughts on “Being Single Is Not Bad At All…

  1. Setuju kakakku, being single memang bukan kekurangan. Bukan hak orang utk menjudge hidup kita baik atau benar…
    Always take care ya kak sondha…🙂

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s