My Most Favorite Thing……

Di akhir pekan… Tati mencoba mengingat2 apa sih my most favorite thing.. ???? Rasanya musik, buku, film dan jalan2 adalah hal2 yang sangat menyenangkan buat Tati… Tapi ternyata ada satu hal yang paling Tati senangi dalam hidup… “Walking on foot, especially in the night. Whaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattt? Iya, entah mengapa Tati senang banget melakukan aktifitas ini, terutama di lingkungan yang nyaman…Apalagi kalau sambil ngobrol dengan seseorang yang frekuensinya nyambung… Asyik banget…!!!

Tati ingat, zaman mulai kuliah S2 di Yogya, Ichi, teman Tati, sempat terperangah ketika Tati ngajak jalan kaki aja dari Fakultas Geography ke Kampus Pasca Sarjana, ke Rektorat atau Perpustakaan Pasca Sarjana, dari pada naik motor…! Mungkin si Bapak itu tidak biasa jalan kaki yaaaa…. atau gak pernah kenal perempuan yang senang jalan kaki sebelumnya…., biasanya kan cewek ogah keringatan karena jalan kaki…, merusak penampilan..!! Makanya mungkin jadi ada istilah cewek bensin.. sementara gak ada istilah cowok bensin.. Ya khannnn ???

Nikmatnya berjalan kaki Tati kenal saat kuliah di Bogor…
Hari kedua di Bogor…, karena gak tau mau naik bemo nomor berapa, Tati, Miko dan Riza jalan kaki dari Cirahayu 4 sampai ke Kantor Pos Pusat yang di jl Juanda, dan terus ke Sinar Matahari di jl Kapten Muslihat.. Itu jarak yang cukup jauh lho…, secara sebelumnya di Pekanbaru udah lama gak jalan kaki.. Lalu Tati mulai menikmati acara jalan kaki dengan teman2, menyusuri jl. Surya Kencana, mulai dari Pasar Bogor sampai Toko ABC atau Toko Roti Tan Ek Tjoan… Atau kalau lagi rame2 dengan pasukan Cirahayu 7, kita bisa jalan sampai ke Bioskop Sukasari (Udah gak ada nih…, mungkin gedungnya juga udah diancurin kali yaa….???).

Tahun kedua, ketika telah kenal dengan Vita si gokil.., Tati kayak ketemu teman sejiwa, sama liarnya, sama gilanya… Hehehe. Kita mulai punya hobby jalan kaki di malam hari ngelilingin lingkar luar Kebun Raya Bogor, di saat angkot2 telah tidur…, saat udara Bogor terasa benar2 sejuk… Kostum standard untuk acara ini, sweeter + jeans + sepatu keds. Perjalanan dimulai dari jl. Pajajaran di depan kampus, lalu terus ke jl. Jalak Harupat, Jl. Juanda dan Jl. Otista.. Terakhir sebelum belok ke arah rumah, kita biasanya duduk2 ngoblor di pelataran Tugu Kujang…. Memandang langit, menghitung bintang.. berbagi angan dan pikiran… Rasanya hidup akan selalu indah… Rasanya akan selalu punya kekuatan menggapai bintang2 di kehidupan…

Saat2 ketika kesedihan melanda, karena nilai2 yang gak keruan, kehilangan orang tercinta atau berbagai hal yang menyakitkan…, Tati dan Vita menghabiskan waktu dengan berjalan malam saat hujan… Rasanya tetes air hujan melarutkan airmata yang menetes di pipi, menghapus beban di hati… Kami bisa berteriak sekuat2nya dalam hujan untuk melepaskan rasa sesak di dada… (Kan gak ada yang dengar, kalah ama suara hujan…, jadi gak mokal…!!! He).


Tati dan Vita juga pernah berjalan menyusuri jembatan yang melintas di atas jalan Tol Jagorawi di dekat kampus Universitas Pakuan di Ciheleut .., Mengamati mobil2 yang datang dan pergi di jl Tol.., Kita juga pernah jalan kaki malam hari dari kompleks bioskop Galaxy di Tajur sampai ke Posko Menwa IPB yang berlokasi di lingkungan Fakultas Peternakan di Jl. Gunung Gede.. (enggak tau berapa belas km). Satu yang gak kecapai, pengen jalan kaki dari Bogor ke Jakarta…

Setelah kost di jl. Pangrango thn 88 -92an, kalau kuliah jam 7 pagi Tati seringkali berangkat ke kampus jam 6 pagi dengan jalan kaki… dengan santai menyusuri jl Pangrango, jl. Gg Gede dan terus ke jl. Pajajaran.. Nikmat dan segar sekali bisa berjalan di bawah pohon2 besar… Rasanya Tati mendapatkan tambahan energi untuk menghadapi hari2 perkuliahan yang terkadang menyesakkan jiwa…, Belakangan Tati baca di “Manuskrip Celestine” ternyata pohon besar merupakan sumber energi positif yang besar… Pantas rasanya nikmat banget…!!!

Untuk mengenang masa2 gila… setelah sama2 kerja di Jakarta, sekitar th 96an, Tati dan Vita pernah jalan kaki dari Sarinah Thamrin sampai dengan Central Asia Plaza. Tapi gak enak…, Panas buanget dan merusak kecantikan.. Ya iyalah…., yang ada kan cuma debu dan asap knalpot kenderaan… Pohon gede yang tedua dan nyaman…, cuma ilusi…!!

Saat kursus Puspics selama 6 bulan di Yogya thn 98 -99…, Tati sangat menikmati jalan kaki di pagi hari menyusuri Jl. Kaliurang, mulai dari Km 5.8 turun sampai ke Fakultas Geografi… Sambil mengamati toko2 kecil, tempat fotocopy, rental computer, rental vcd dan warnet di sepanjang jalan mulai dibuka… Kehidupan Yogya yang pelan jadi pemandangan tersendiri…, mana orang2nya ramah dan selalu tersenyum…. Jadi kangen Yogya..

Jalan kaki di Pekanbaru…? Entahlah… rasanya gak senyaman di Bogor… Mungkin karena vegetasinya gak sebanyak dan sebesar2 di Bogor.. Di sini Tati berjalan kaki hanya untuk mencari keringat…, bukan melakukan aktivitas yang dapat menghilangkan stress dan menyejukkan hati.. Jalannya juga hanya di seputar pelataran mesjid Agung Annur. Mudah2an Pekanbaru suatu saat bisa juga nyaman buat jalan kaki ya….

Mungkin setelah pension nanti Tati bisa menikmati lagi kesenangan yang satu ini.., secara Tati bercita2 untuk menikmati masa tua dengan tinggal di rumah kayu di daerah pegunungan…***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s