Posted in Tukang Makan

Panganan Khas Sipirok..

Ini sebuah pic yang terdapat di antara sederetan pics digital yang dibuat saat pulang kampung ke sipirok beberapa waktu yang lalu… Pic sebuah piring yang berisi 3 dari beberapa jenis panganan khas sipirok : panggelong, lemang dan lapet.. Panganan ini meski khas Sipirok tapi tidak setiap hari bisa diperoleh. Biasanya hanya ada dijual pada Poken (pasar) Kamis.

Panggelong itu sejenis makanan yang terbuat dari adonan tepung (beras or terigu?) dengan gula aren yang di goreng lalu di bagian luarnya dibalur lagi dengan gula aren. Rasanya manis… Khusus panggelong selain pada Poken Kamis juga bisa didapat setiap sore di sebuah warung di bagian pangkal Sipirok, bila kita datang dari Medan.

Lemang di Sipirok hampir sama dengan lemang di Riau. Terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan plus sedikit garam dan dicetak dalam bambu yang dilapisi daun pisang lalu dibakar. Tati ingat banget waktu kecil setiap tahun baruan almarhum Opung membuat sendiri lemang dan juga dodol. Di Sipirok, lemang dimakan begitu aja, sementara di Riau lemang dimakan dengan tape pulut itam. Dirumah Pekanbaru kita malah biasa menikmati lemang dengan rendang daging. Paduan rasa keduanya maknyooosss…..

Lapet atau kalo didaerah lain disebut lepat. Di Sipirok lapet tuh ada 2 macam, lapet dari ketan yang diisi kelapa dan gula merah dan lapet yang terbuat dari tepung beras dicampur gula aren. Kalo Tati lebih senang makan lapet tepung beras dicampur gula aren. Lapet jenis yang terakhir ini ada juga yang dicetak dalam bambu dilapis daun pisang… Rasanya…. Hmmmmmm lezat…

Ada satu lagi kue khas Sipirok, yang kayaknya gak ada di daerah lain.. Kue apaan…? Kue angka 8. Terbuat dari tepung beras dibarur ama tepung gula . Teman-teman akan dapat menemukannya dengan mudah di toko2 di pasar Sipirok.

Di Sipirok juga ada cemilan yang terkenal dari generasi ke generasi. Berupa kerupuk singkong yang dioles sambel dicampur ebi. Namanya Sambal Taruma, karena konon dulunya dibuatnya di bagian atas rumah. Cemilan ini seperti juga kue angka 8 sangat mudah ditemui di Pasar Sipirok.

So, kalo mau pulang kampung ke Sipirok silahkan direncanakan sedemikian rupa agar sempat merasakan panganan-panganan khas yang hanya dijual di Poken Kamis. Kalo enggk, rasanya rugi…..!!!

Advertisements

Author:

An ordinary person. Love reading, love to walk around, love to travel, love to write, love the rain...

9 thoughts on “Panganan Khas Sipirok..

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com

  2. Hmmmmmm.. Lomang, makanan favorit!!!
    Apa Lomang hrs dibakar dalam bambu?
    Apa resepnya dan bagaimana cara bikin Lomang dirumah dengan menggunakan kompor gas biasa?
    Tolong ajari saya ya…

  3. duh! jadi ngiler nih.., selera kita sama yah soal lemang pake rendang..hmmm, kalo lemang pake tape pulut kok..gimana yah, walau banyak juga yg suka tapi seiap pulang ke PSP pasti sdh disuguhin lemang dan rendang..bisa bayangin kan kami yg jauh di tengah gurun setiap saat liat photo lemang ini..apalagi pake rendang Ti..
    thank alots…

  4. Gw bangga jd orang sipirok, biar gw nih dah lm gk tinggal di sipirok tp gw masih ingat makanan khas ini bravo panggelong

  5. Ass.Wr.Wb.
    Horas di hita sudena, memang benar makanan khas Sipirok tersebut enak tenan bilang orang jawa, selain Panggelong, Lomang & Kue 8 dan jangan lupa membeli Ulos ataupun Tappa khas Sipirok serta mandi di Aek Milas Sipirok.

    Tarimo kasih

Comments are closed.