Rujak Aryaduta

Beberapa hari yang lalu.., Tati mendadak pengen makan rujak.. Gak tau kenapa.., yang pasti bukan karena ngidam.. Hehehe. Akhirnya Tati ngajak Venni, teman seruangan di kantor nyari rujak…, RUJAK ARYADUTA…!!!

Rujak Aryaduta emang enaaak buanget…!!! Orang2 nyebutnya rujak Aryaduta karena lokasi jualannya di sebuah halaman rumah di jalan Sambu, di samping hotel Aryaduta… Sebenarnya di bagian kaca gerobak si tukang rujak tertulisnya sih “RUJAK AJO”…, tapi orang kayaknya gak ngeh kalo dibilang Rujak Ajo, orang lebih ngeh kalo dibilang Rujak Aryaduta..

Sebenarnya rujak ini, gak beda banyak dengan rujak lain di Pekanbaru… Tapi bumbunya emang paaaasss buanget, plus lokasi jualannya yang adeeeemmm, banyak pohon2 rindang… Pembeli bisa makan di kursi2 yang disediakan, atau duduk di mobil masing2.. Kan assoy banget makan rujak siang2… Rasa rujak yang pedes, asem dan manis nikmatnya bisa berlipat2 karena makannya sambil diterpa angin semilir….

Selain jual rujak, si Ajo juga jual es campur ala Pekanbaru, yang kental banget selera “sumbar”… Isinya cendol ijo, cendol putih, cincau, tape (peuyem), nangka dll … plus pake sirup warna pink…

Ngomong2 soal rujak, zaman Tati kecil di Pekanbaru ada yang jual rujak enaaaak buanget, lebih enak dari rujak Aryaduta, namanya Rujak Sumber. Jualannya di Jalan Juanda. Tapi waktu lokasinya dihancurin sekitar akhir tahun 80-an buat dibangun ruko, tukang rujak itu juga gak jualan lagi… Musnah deh…

Kalo di Bogor, rujak yang enak tuh di Jl. Merdeka dekat terminal… Dulu Tati sengaja siang2 dengan Linda (teman sekamar di Pangrango 16) ke situ cuma buat beli rujak… Perjuangan banget deh.!!. Karena daerah Merdeka macetnya luar biasa… Bahkan untuk ngindarin macet dan biar lebih cepat, kita rela jalan kaki, motong di gang2 sempit… Niat banget…!!! Yang penting dapat rujak…!!!

Ada juga rujak yang enak nih… tapi jauh dan gak tau masih ada apa enggak… Namanya Rujak Aceh.. Bahannya sama dengan rujak2 lain, Cuma pake buah “ajaib” yang tati gak tau namanya… Bentuknya kayak salak, tapi bijinya gak keras.. rasanya sepet… Buah yang ini dikeprak dan dihancurin dengan bumbu rujak… Buah2an Rujak Aceh gak dipotong2, tapi diserut… jadi sari buahnya keluar dan dihidangkan dengan es batu… Rasanya nikamat banget disantap di siang yang panas.. Tati sempat merasakannya waktu Tati pendidikan di Banda Aceh tahun 1999. Lokasinya di Pasar Aceh, di seberang Bank BNI Banda Aceh… Enggak tau, apa setelah Tsunami jualan lagi..?? Mudah2an suatu saat Tati dapat kesempatan ke Banda Aceh lagi buat nikmatin Rujak Aceh dan makanan2 Aceh lain yang rasanya asyiiiik banget…!!!***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s