Posted in My Family, My Heart, Tukang Makan

Wisata Kuliner Samarinda (3) : Warung Tenda Biru Mba Tun

Sate Tenda BiruHampir 2 minggu di Samarinda… Adik2ku, termasuk adik ipar, memberikan suasana yang nyaman banget.. Membantu melupakan tekanan2 yang telah terjadi, memberikan suasana yang kondusif untuk menata hati, memberi gambaran peluang2 yang dapat dilakukan untuk kehidupan yang lebih sehat…

Ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan yang membuat diri merasa nyaman banget… :

Jam 7an kita udah memulai acara jalan pagi mengelilingi stadiun madya Sempaja yang gak jauh dari rumah.. Lima keliling, minimal 3 keliling.. Cukup membuat keringat mengalir… Aktivitas yang berbulan2 gak pernah dilakukan…

Lalu…? Acara berburu sarapan pagi di seputar Samarinda… Tapi yang selalu kita lakukan adalah menyantap nasi kuning dengan daging atau telor masak habang (masak merah, menggunakan cabe merah kering) di Kedai Kopi Taufik di Jl. Diponegoro, di depan Hotel Senyiur… Atau makan di Warung Tenda Biru Mba Tun…

Warung Tenda Biru Mba Tun….?

Warung tenda ini berlokasi di Jl. Limau di daerah Voorfo Segiri, gak jauh dari Lembuswana, salah satu Mall besar di Samarinda. Kok doyan ke sana…? Emang apa yang dijual…?

Sate Mba Tun

Mba Tun menyediakan Sate Daging Sapi untuk sarapan… Sumpe…. aku baru kali ini tau ada yang jual sate buat sarapan.. Yang ada juga sate buat makan siang atau makan malam.. Dan jangan salah, meski dijual buat sarapan tapi sate mba Tun, ok bangetss.. Dagingnya gede2, empuk dan spicy… Bisa disantap dengan lontong atau nasi.. Sebagai temannya, Mba Tun juga menyediakan urap, atau tumis sayuran, sup tulang lalu goreng tempe dll…

Biasanya klo David milihnya sate 1 porsi + urap 1 porsi. Kalo aku sate 1 porsi + lontong 1/2 + urap 1/2 porsi, Sedangkan Nana, adik iparku, sate 1 porsi + lontong 1/2 + tumis sayur 1 porsi atau sup tulang 1 porsi. Banyak banget ya makannya kita… hehehehe.. Kita emang gerombolan tukang makan, sekeluarga hobbynya makan… Makan segitu buat sarapan, kita baru makan lagi siang jam 2an…

Harga makanan yang dijual Mba Tun juga wajar… Kita makan bertiga, biasanya gak lebih dari Go Ban… Mantep kaannnn….?

Sate

Sate……. sate….. Dagingnya emmpuukk, bumbunya passs…

Sup Tulang

Sup Tulang.. Untung bukan “tulang”nya orang Batak… Hahahaha…

Tumis Sayur

Tumis sayuran…

Urap

Buat teman2 yang mau berkunjung ke Samarinda, aku rekom dehhh warung ini… Cuma jangan lupa, warung ini hanya menyediakan makanan buat sarapan.., artinya jualannya cuma pagi.., gak sampai jam makan siang…

Selamat mencoba…

Advertisements
Posted in Tukang Makan

Wisata Kuliner Samarinda (2) : Roti Tissue…

Roti Tissue9
Abner dan roti tissue

Apa siyyy roti tissue yang di jual di Kedai Sabindo Jl. Soerapto No. 5 D Samarinda…? Aku juga gak ngerti jenis makanan apa ini, saat Abner ponakanku memesannya ketika kami ke Sabindo saat aku baru datang ke Samarinda tanggal 17 Oktober yang lalu..

Ternyata roti tissue ini bahan bakunya sama ama roti canai, makanan khas Melayu yang biasa disantap bersama kari. Hanya saja dalam proses pembuatan roti tissue ini, setelah adonan tepung yang udah diuleni ditipiskan dengan cara dibanting, langsung digelar di penggorengan lebar, gak dilipat2 kayak roti canai. Lalu lapiran roti ditaburi susu kental manis dan bubuk milo.. Trus tepinya dirapikan dengan pisau seperti roda, seperti yang digunakan buat motong pizza, supaya rada rapi.. Setelah adonan matang, roti dipotong dari titik tengah ke salah satu tepi, lalu digulung sehingga berbentuk kerucut…

Temans.. silahkan liat cara membuat roti tissue ala Sabindo…

Roti Tissue1
membut adonan menjadi setipis tissue
Roti Tissue2
adonan yang setipis tissue digelar di penggorengan…
Roti Tissue3
adonan ditaburi susu kental manis dan bubuk milo…
Roti Tissue4
merapikan pinggiran roti..
Roti Tissue5
roti dipotong dari tengah ke salah satu sisi…
Roti Tissue6
Roti mulai digulung membentuk kerucut…..
Roti Tissue7
Acara gulung menggulung selesai…
Roti Tissue8
Jadi deeehhhh roti tissuenya….. Silahkan dicoba….

-Sondha Siregar-