Wisata Kuliner Samarinda (1) : Kedai Sabindo

Saat sampai di rumah adikku di Samarinda tanggal 17 Oktober 2009 malam…, tuan rumah alias adikku David dan Nana, istrinya nanya, “Kakak udah makan kah?”
Aku menjawab dengan tegas… “Belum…, dan rasanya lapar banget…” Hahahaha..

Gimana enggak lapar, aku jam 09.00 udah check out dari hotel di Jakarta, trus naik taxi ke Cengkareng ngejar schedule penerbangan Jakarta – Balikpapan jam 11.20 WIB. Saat check in di Terminal 3 jam 10.30, petugas airlines bilang “Langsung ke ruang tunggu Zona 3, ya bu. Boarding gak lama lagi…” Ya, aku langsung lahhhh naik ke ruang tunggu…. Gak berani buat singgah dan duduk buat makan.. Cuma berani singgah di Papa Beard dan counter di sebelahnya yang jual sejenis pastel yang isinya blackpeper beef, ikan sarden dan beef curry.. Beli buat oleh2 untuk Aldy & Abner, dan buat makan sambil nunggu boarding… Gak lama duduk di zona 3, petugas informasi mengumumkan kalo penerbangan di-delay ke jam 12.30… Halaahhhh…. Tau gitu kan makan dulu… Kue tuhh gak cukup untuk mengatasi rasa lapar… hehehehe…

Setelah boarding jam 12.30, persiapan terbang, lalu terbang sekitar 2 jam… Pesawat mendarat di BandaraSepinggan, Balikpapan sekitar jam 16an WITA.. Setelah ambil bagasi, trus keluar ruang kedatangan. Gak lama Oom Yan, orang yang bantu2 David datang menjemput… Langsung perjalanan dilanjutkan ke Samarinda, setelah singggah dulu buat sholat di sebuah mesjid di pinggiran Kota Balikpapan. Sampai di Samarinda udah hampir jam 19-an.., enggak langsung pulang… Tapi singgah dulu ngambil baju kotor Aldy, ponakanku yang sekolah dan tinggal di boarding school di pinggir Kota Samarinda. Setelah sempat ngbrol sama Aldy dan ngeliat kamarnya di asarama, baru pulang… Capek dannnnnnn lapppaaaarrrrr bangets… Wajar kan, waktu ditanya udah makan atau belum aku menjawabnya dengan sangat tegas.. “Belum…” Hehehehe…

Kedai Sabindo1
Abner @ Sabindo, Samarinda

David dan Nana beserta Abner membawaku ke jejeran ruko, gak jauh2 banget dari rumah… gak jauh juga dari Mall Lembuswana, yang masih jadi Mall terbesar di Samarinda.. Di halaman depan ruko berjejer meja2 dengan bangku2 plastik.. Di tiap2 meja ada lentera yang diletakkan dalam gelas2 kecil berisi minyak.. Pada plank di bagian atas ruko terlihat tulisan nama toko “Kedai Sabindo“.

Kami gak dapat tempat duduk di luar, karena penuh… Bahkan di dalam pun penuh sebenarnya … Tapi kita akhirnya dapat tempat juga setelah ada pengunjung yang selesai makan….

“Menyediakan Masakan dan Minuman Malaysia” demikian tertulis di bagian kiri atas daftar menu yang disodorkan pelayan pada ku… Hmmmm…. Cocok selera niyyy… secara aku suka sama masakan Peranakan khas Malaysia… Mau makan apa yaaaa….?

Aku mulai plengak plengok, antara daftar menu dan dinding toko yang ditempeli poster berbagai hidangan yg ditawarkan… Di dinding toko aku lihat ada gambar Nasi Goreng Pataya, nasi goreng yang dibungkus ama telur dadar. Kalo di Medan, ada juga resto yang menyediakan makanan seperti ini, tapi namanya Nasi Goreng Kari. Seluruh makanan dan minuman yang ditawarkan benar2 menggunakan istilah Malaysia.., misalnya Teh O.. Bahkan di tiap meja disediakan alat cuci tangan yang khas Malaysia : air cuci tangan dimasukkan dalam teko yang diletakkan di atas wadah seperti rantang, dengan tutup berlubang2. Kalo mo cuci tangan, ya guyur aja tangan kita di atas wadah, air kotor akan tertampung di dalam wadah.. Jangan sampai air di dalam teko itu diminum yaaa…, karena itu air mentah… Hehehehe…

Setelah plengak plengok.. larak lirik… tanya2 David dan Nana, aku memesan Wan Tao apa gitu… Itu nama buat Kwetiau siram… Sementara Abner mesan teh tarik dingin dan roti tissue… David dn Nana cuma pesan kari karena udah makan malam…

Kwetiau Siram
Kwetiaw Siram ala Sabindo

“Wan Tao apa gitu” muncul dengan penampilan yang menggugah selera… Kuahnya mengingatkan ku akan sup sirip… , terus ada bakso ikan dan udang dalam jumlah yang lumayan… Rasanya………..? Enak bangetss…. Mengingatkan ku akan Kwetiau ala Penang di Food Court Cabe Rawit Sun Plaza Medan.. Roti tissue yang dipesan Abner, muncul dalam wujud yang sangat menarik.. berbentuk kerucut dengan serat yang halus… Sayang lupa motonya…

Naaahhhh…, sore ini kami kembali lagi ke Kedai Sabindo, dengan formasi tambahan, Akung, Papanya Maria, alias mertua David adikku, yang juga berkunjung melihat cucunya… Waktu ngobrol2, Maria bilang, “Kakak tau artinya Sabindo ? Sabindo itu singkatan Sabah-Indonesia”. Eeeaaaalllaaaahhhhh…. itu toh artinya… Jadi bila orang Medan terkoneksinya dengan Penang, orang Riau dengan Malaka, maka orang Kaltim dengan Sabah… Ternyata kita jiran beneran yaaa… secara banyak banget daerah di Indonesia dan Malaysia yang terkoneksi…

Buat teman2 yang berkunjung ke Samarinda…, Kedai ini bisa jadi tempat makan yang must visited.. Dijamin gak nyeselll…..

10 thoughts on “Wisata Kuliner Samarinda (1) : Kedai Sabindo

  1. tempat makann wajib saya klo ke samarinda…
    paling suka roti canai plus kare daging. trus minumnya es ABC (sejenis es campur gt)

  2. untuk kawan-kawanku arek-arek Suroboyo, kalau mau coba masakan kedai Sabindo, sudah ada di Surabaya, lokasinya di Jl. Simpang Darmo Permai Utara no.5 (depan air isi ulang Biru), tempat dan masakannya sama, merupakan cabang kedai Sabindo di Surabaya, jadi bagi yg penasaran segera meluncur saja kesana, bukanya dari pagi hingga jam 10.00 malam. Pokoknya ueenaak deh.

  3. Kayanya ada yang salah dengan artikel anda. Bukan berhubungan dengan kulinernya, tetapi nama bandara di Balikpapan yang seharusnya adalah Sepinggan bukan Syamsudin Noor. Kalau Samsudin Noor itu, bandara yang ada di Banjarbaru Kalimantan Selatan

  4. Saya bulan Januari mau liburan ‘pulang kampung’ ke Samarida. Insya Allah..
    mau coba wisata kuliner ke Sabindo. Mdh2an tidak mengecewakan… Saya sekarang dari Medan….

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s