Ke Kuansing…

Hari Kamis 8 Mei 2008 sekitar jam 08-an Tati dijemput teman kantor, kak Del & Andre.. Tati dan kak Del hari itu ditugaskan ke Taluk Kuantan, ibu kota Kabupaten Kuantan Singingi alias Kuansing, salah satu dari 9 kabupaten yang berada di Provinsi Riau. Sedangkan Andre ikutan dengan kita karena dia mau liat Bukit Cokiak, salah satu obyek pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuansing, yang akan dibahas dalam skripsinya.

Untuk diketahui, Taluk Kuantan ini dikenal sebagai daerah dengan event budaya yang sudah masuk ke dalam kalender pariwisata nasional yaitu Pacu Jalur alias pacu sampan. Jalur itu artinya sampan, cuma ukurannya panjang banget, muat kira2 untuk 50 sampai 60 orang.

Tati, meski besar di Riau, sampai hari Kamis yang lalu belum pernah nginjak Kabupaten Kuasing. Entah kenapa.. Tiap tahun denger siyy kalo ada event Pacu jalur, tapi entah karena gak punya kenalan dekat di sana, jadi enggak kepikiran buat pergi.. So, finally Tati nyampe juga di Taluk Kuantan, setelah menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam..

Begitu nyampe ke Taluk Kuantan kita langsung ngeberesin urusan kerjaan.. Kita ke kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Kuansing yang berada di perbukitan di pinggir kota Taluk Kuantan. Sekitar 3 jam-an kerjaan kita beres.. Alhamdulillah.

Sayang Tati gak sempat menemui orang nomor 3 di jajaran birokrat di Kabupaten Kuansing, yang pernah jadi atasan Tati saat awal2 bertugas jadi PNS. Saat Tati ke Kantor Bupati, beliau sedang keluar kantor untuk makan siang. Padahal pengen juga ketemu, secara dulu beliau sebagai atasan tuh baik banget.. Kalo ngajak anak buah lembur, selalu nanya dulu.. “‘Kalian mau buru2 pulang? Mau bantu saya kerja?”. Lalu kalo udah jam 17-an, dan kerja masih numpuk, beliau selalu nyuruh Tati untuk pulang dulu buat mandi dan maghriban di rumah, baru kembali ke kantor buat ngelanjutin kerja. Kalo udah jam 22-an dan kita masih harus kerja, beliau akan mengingatkan Tati untuk menelpon ke rumah agar orang rumah gak cemas. Daaannn…. saat pulang kantor tengah malam, beliau selalu menyuruh salah satu staff laki2 di kantor untuk mengiringi Tati pulang sampai di depan rumah. Tati waktu itu sempat bilang, “Bang, ngapain nyuruh orang ngiringin saya pulang? Kan kasian orang yang ngiringin, hari udah malam sekali, dingin pula, orang itu naik motor, eh saya yang diiringi naik mobil. Lalu setelah saya masuk rumah dan istirahat dengan nyaman, orang itu malah masih di jalan menuju pulang.” Waktu itu beliau jawab, “Kamu tuh anak perempuan, dan saya bertanggung jawab atas keselamatan kamu yang pulang larut karena membantu saya kerja.” Masih ada gak ya boss kayak gini…? Belum lagi beliau selalu memberikan penghasilan tambahan bagi Tati dengan melibatkan Tati di berbagai kegiatan yang memberikan honor bagi yang terlibat. Kadang honor yang Tati terima bisa sampai 2 bahkan 4 kali gaji. Lumayan banget lho zaman itu, secara zaman 1997-an tsb, gaji Calon PNS Gol III/a (level sarjana) cuma Rp.121.800,- (80% dari gaji pokok Gol III/a). Buat beli bensin mobil sebulan aja gak cukup… Sapa suruh jadi PNS…? Untung ada honor2 dan…. father’s foundation. Hehehe.

Kembali ke masa kini..

Selesai tugas kita langsung menuju Bukit Cokiak yang dicari2 Andre. Tempat ini sebenarnya kalo kita dari Pekanbaru lebih dulu ditemukan sebelum kota Taluk Kuantan. Ternyata… Bukit Cokiak itu sebuah bukit tempat kita bisa memandang desa Muara Lembu yang berada di lembah di depan bukit, dan Pemerintah Kabupaten Kuansing merencanakan membuat jalan melingkari bukit sampai ke lembah.. Pemandangan dari bukit ke arah lembah memang indah… di situ ada sungai dengan pasir di sisi.. lalu ada jembatan gantung berwarna kuning yang bentuknya kayak Golden Gate di San Francisco.. Weiiizzz ngebandinginnya…. Hehehe..

Tati dan teman2 memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke desa Muara Lembu.. Begitu memasuki desa, Tati merasakan kenyamanan… Desa ini teduh karena vegetasinya rimbun… Lalu di pinggir sungai banyak rumah2 panggung dari kayu yang sepertinya cukup tua.. Hmmmm… lingkungan yang nyaman banget deh kayaknya untuk dinikmati di akhir pekan.. Tati udah ngebayangin betapa asyiknya jalan kaki menyusuri desa dan pinggir sungai. Lalu betapa asyiknya main air di sungai… Sayang situasi dan kondisi lingkungannya masih belum memungkinkan (banyak lembu..!! hehehe…).

Mengenai namanya yang Muara Lembu… Desa ini nampaknya memang relatif berada dekat dengan muara, secara gradien sungainya relatif datar.. Sedangkan nama lembu…, memang di sepenjuru desa ini terlihat lembu… Bahkan kita sempat nonton lembu berenang.. Ini juga akan menarik buat anak 2 yang besar di kota..

Kayaknya desa ini gak kalah deh dengan desa Kebon Agung. Mudah2an desa ini bisa dikembangkan jadi obyek wisata ya, supaya bisa meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Dan buat kita yang tinggal di Provinsi Riau dan mungkin juga yang dari luar Riau, mudah2an desa ini bisa jadi tempat kita “melarikan diri” sejenak dari rutinitas kehidupan, dan memperoleh kesegaran dari suasana pedesaan…

Ini beberapa pics Tati dan Kak Del saat di desa Muara Lembu..

4 thoughts on “Ke Kuansing…

  1. indah juga….
    dulu den ado kasitu tapi olun ado jambatan gantuang, den asli kuansing juo (seberang pantai)…tapi samanjak taun 2000 den la karajo dibatam ndak tau perkembangan kampuang sampai saat iko…….wakakak….susah juga bahasa daerah kalau di ajak nulis

  2. kak tati yang baru kenal, nama ku iman kelahiran pku tapi putra kuansing juga.skr lagi menghonor di dinas tanaman pangan kab.kuansing dari tahun 2005 s/d skrg.tampaknya kak tati kreatif skali ya, bisa buat homepage sendiri yang berisikan pengalaman-pengalaman seru selama perjalanan ke suatu daerah khususnya kuansing ini,sebenarnya masih byk gambaran kuansing yang blum terjamah oleh kakak dan event2 nasional yang buat kuansing jadi top. kak. foto kuansingnya ditambah ya kak, jgn foto kak aja ma friend. tapi foto jalurnya, bukit cokiaknya, air terjun 7 tingkat, permandian air panas,rumah godang,dll. ok. thank’s ya kak udh mw jalan ke kuansing lain kali bwk iman dong…???wasalam

    ———————-
    Sondha : Gimana klo saya diundang ke Kuansing, trus diajak jalan2 ke obyek2 wisata yang ada di sana.. Supaya saya bisa nulis tentang perjalanan ke obyek2 wisata Kuansing plus mengupload picsnya… Anyway salam ya, buat orang nomor 3 di Kuansing.. Mantan boss saya tuh, orangnya baik banget…

  3. kapan yahhh aku bisa berkunjung ke Riau….nanti kalo kesana aku diajak jalan2 ke tempat yang bagus buat motret yaaa….lagi keranjingan motret nihhh….jadi bawaannya pengen traveling mulu…..sayang kantongnya tidak memadai semua keinginan…heheheh

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s