Happy Birthday, Mom…!

Hari ini Mama ulang tahun ke 63..

Iya, Mama tuh ultahnya sama dengan ibu Kartini, juga ketabahannya kali yaa.. Mama kuat banget menghadapi cobaan kehidupan yang seringkali menggoncang hati seorang ibu.. Meski terkadang Mama marah dan ngomel2 menghadapi perbagai persoalan, tapi Mama selalu tegar dan berdiri di samping anak2nya, apa pun yang terjadi, apapun pilihan anak2nya..

Hampir 10 bulan terakhir Mama berjuang melawan stroke yang menyebabkan Mama tidak bisa lincah untuk kutak katik seperti dulu.. Tapi, beberapa bulan terakhir Mama udah mulai bisa jalan lagi, meski masih dalam jarak yang belum terlalu jauh… Semangat Mama untuk bisa kembali mandiri memang luar biasa…

Mama juga guru pertama yang luar biasa bagi anak2 dan cucunya.. Tati ingat gimana Mama selalu mengatakan pada anak2nya, “Kalian harus sekolah, di rumah gak ada warisan, tapi kalo untuk sekolah ada.” Mama juga selalu memanjakan anak2nya dengan makanan2 yang enak, untuk kemudian berkata, “Enak ya..? Disyukuri donk, terus kerja keras supaya kalian tetap bisa menikmati makanan yang enak2.” Bahasa Mama emang sederhana, tapi pesan dibaliknya merupakan dorongan buat anak2nya untuk serius dengan pendidikan dan kemudian bekerja keras…

Tati juga ingat satu ucapan Mama ke Tati, kala Tati masih di usia belia, ketika masih jejingkrakan menikmati hidup.. Mama bilang, “Nang (panggilan sayang orang tua di kampung Tati pada anak perempuannya), Mama tuh capek deeh ngebedakin badan kamu sejak bayi. Mama jaga jangan sampai satu nyamuk pun ngegigit kamu. Mama mohon, jangan badan yang udah Mama rawat itu kamu pakai buat bikin dosa, ya…” Mudah2an Tati selalu bisa memegang amanat Mama, ya…

Beberapa tahun terakhir Tati sering melihat Mama mengajarkan tata krama, logika berpikir sampai taste terhadap berbagai hal pada cucu2nya sejak mereka masih kecil banget… What a grandma…!!!

Semoga Mama selalu dilindungi dan dirahmati Alloh, panjang umur dan selalu sehat…

I love you very very much, Mom… I’m sorry for our bad days in my younger years…

One thought on “Happy Birthday, Mom…!

  1. Hepi bersdei to ur mom…semoga diberikan kesembuhan sediakala….duhh nasehat2 ortu itu seringkali bikin airmata berlinangan yaaa…..

    Abis liburan ya Kak? huhuuh enaknyaaaa….iya nih aku juga sudah harus break dulu nih dari kantor…minggu depan…cihuuyyyy ….heheheh

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s