Jalan2 di Yogya…

Kamis 17 April 2007, Tati membuka mata saat mendengar suara azan sayup2… Setelah meregang tubuh sejenak, Tati bangun dan berjalan ke jendela kamar. Kamar 817 Ibis Malioboro.. Tati lalu membuka gorden sampai habis… Hmmmmm, di luar ternyata masiyy gelap…

Setelah sholat Tati kembali berjalan ke jendela…, menatap dunia di luar sana yang masih remang2.. Rasanya pengen keluar, jalan2 menyusuri Malioboro di pagi hari.. Tapi lobby hotel masih terlihat gelap… So, Tati mutusin buat beres2 ajah…

Setelah beres2, Tati kembali menatap keluar jendela… Hari mulai terang… Di sisi kiri terlihat kolam renang hotel yang terletak di roof hotel… Di sisi kanan, terlihat jejeran toko.. Di belakangnya, terlihat mesjid yang menjadi bahagian kompleks bangunannya dari zaman bahuela.. Mungkin termasuk kompleks Hotel Garuda kali yaa…? Tamannya indah dan tertata rapi… Memandangnya memberikan rasa sejuk di hati Tati…. Hmmmmm….

Jam 07-an, Tati dan teman2 sekamar turun ke resto hotel buat sarapan.. Makanannya lumayan asyik… Tapi ada yang unik niyy.. Di jejeran minuman, selain tersedia juice mangga dan orange juice, juga tersedia minuman asam jawa alias tamarin dan segerombolan (hehehe) botol jamu2an.. Khas Jawa banget ya…

Jam 08-an, romobongan menuju Badan Pariwisata DI Yogyakarta. Kantornya siyy cuma selemparan batu dari Ibis Malioboro, keliatan lagi dari jendela kamar Tati, tapi kalo rombongan dibiarin jalan kaki kayaknya akan lama sampainya karena banyak pemandangan menarik, makanya kita ke sono tetap aja naik bus..

Di Badan Pariwisata DI Yogyakarta, kita dapat pemaparan tentang konsep pengembangan wisata di Yogya. Di daerah ini pelaku pariwisata yang dominan justru masyarakat dan swasta, pemerintah hanya sebagai akselerator.. Hasil ini kayaknya terjadi karena masyarakatnya udah punya kesadaran bahwa sektor ini benar2 bisa jadi sumber penghasilan masyarakat.. Sementara di tempat Tati, kesadaran ini belum ada… Mungkin karena masih terpesona dengan alam yang kaya dengan sumberdaya alam, yang katanya berlimpah… Penyadaran masyarakat bahwa wisata merupakan sektor yang menjanjikan, adalah hal yang harus dilakukan agar sektor ini bisa maju di daerah Tati…

Dari Badan Pariwisata DI Yogyakarta, rombongan melanjutkan perjalanan ke Wisma MM UGM di sekitar daerah Colombo. Wisma ini belum ada zaman Tati kuliah di Yogya… Btw ngapain ke situ..? Kita di situ buat ketemuan dengan bapak2 dari Pusat Studi Pariwisata UGM. Di sini kita mendapat pemaparan, gimana sektor ini perlu dikembangkan dengan sungguh2 karena dapat menjadi jalan untuk pengentasan kemiskinan (poverty alleviation). Di sini Tati nemu buku Poverty Alleviation by Tourism.

Dari Wisma MM UGM, kita mengunjungi poskonya Melayu online, tapi sbelumnya sempat singgah ke kantor Pusat Studi Pariwisata UGM di kawasan Bulaksumur dan makan siang dulu di sini

Di kantor Melayu online, saat rombongan berbincang2 dengan tuan rumah di pendopo, Tati milih untuk mendengarkan perbincangan sambil duduk2 di kursi2 yang diletakkan di halaman belakang kantor yang asri… Ada banyak tanaman, kolam ikan yang mengalir dengan sprinkle water. Duduk2 di situ siang hari rasanya nyaman banget… Saat memandang2.. Tati melihat sebuah pohon yang udah jarang ditemukan… Pohon apa ? Pohon cermai, ada buahnya pula.. Tati sempat nyari2 buah ini waktu berkunjung ke Siak beberapa waktu yang lalu.. Tapi udah gak ada yang jual.. Ternyata di sini ada.. Tati lalu minta salah satu karyawan Melayu online, untuk mengambilkan buah cermai.. Rasanya hhhhhhmmmmmmmm, aseeemmmmm banget.. Buah ini emang enaknya setelah dibikin manisan. Tapi lumayan deehhh buah ngelepas rasa… Heheheh…

Dari markas Melayu online, rombongan bergerak menuju Desa Wisata Kebon Agung di Imogiri Bantul. Perjalanan di Kebon Agung akan Tati tulis di posting tersendiri.. Dari Kebon Agung, sebelum kembali ke Ibis, romobongan makan malam di sini

Pengkayaan wawasan selama dua hari ini buat Tati yang baru pindah ke kantor baru, insya Alloh baik dan bermanfaat. Menguatkan satu keyakinan bahwa bidang ini layak ditekuni, diperjuangkan dan layak menjadi wilayah pengabdian.

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s