Happy Birthday Ibu….

Hari ini……. kalau almarhummah ibu masih ada, beliau akan berusia genap 77 tahun. Namun kehendak Alloh SWT, beliau diberi kehidupan sampai usia 56 tahun 5 bulan 4 hari. Beliau kembali ke haribaan Alloh pada 24 May 1987.

Ibu adalah sosok yang membesarkan Tati sejak usia masih sangat dini.. Tati sangat dekat sama ibu, sampai dulu orang2 di sekitar suka ngatain Tati sebagai “ekor-nya ibu”, soalnya kalo ibu kemana2 Tati selalu dibawa2, gak perduli cuma pergi sebentar di dalam kota atau pergi ke luar kota.

So many memories about ibu that I can’t forget, because she’s d one who I lean on in my younger days.. Loosing her in my 19 years old was like a judgement day for me. My life was shaked so hard.. I felt so empty but I have no one to share what I felt.. Most of people around me said I had to tough, I had to be strong.. They didn’t understand that my life was shattered… So many years I spent my life with empty heart after her gone.. It needed a very long time for me to wake up and accept the loosing… I miss her..

Ada satu sifat yang paling indah dari ibu yang selalu Tati ingat.. Ibu selalu murah hati pada orang2 di sekitarnya… Gak perduli itu anak-nya, saudara bahkan tetangga yang gak ada hubungan darah.. Semua orang boleh datang kapan saja, untuk kepentingan apa saja pada ibu…

Dulu… Tati muda suka gemes ngeliat ibu selalu membeli apa saja yang dijual ibu2 tetangga ke rumah. Kain, perhiasan, barang2 rumah tangga bahkan barang2 antik… Umumnya ibu2 yang bulak balik jualan ke rumah itu adalah single parent dengan anak2 atau cucu yang banyak.

Sekali waktu tati pernah komplain tentang hal ini.. Waktu Tati bilang : Buat apa sih Ibu belanja melulu. Kan kita gak perlu barang2 itu. Ngapain siyy numpuk2 barang. Kalo emang kita perlu barang2 itu, kita kan bisa beli di pasar dengan pilihan yang lebih banyak pula

Tapi Ibu bilang : Kamu belum ngerti apa yang Ibu lakukan.

Tati baru mengerti saat beberapa tahun yang lalu bertemu dengan salah seorang tetangga yang dulu bulak balik jualan ke rumah itu. Tetangga tersebut seorang janda dengan 8 anak yang waktu itu masih kecil2.

Si tetangga yang biasa Tati panggil tante itu bilang : Ibu kamu tuh baik banget lho ‘Ndha. Bener2 orang yang sangat baik. Dulu ibu kamu selalu membeli apa pun yang Tante bawa ke rumah. Tante tahu sebenarnya Ibu kamu gak memerlukan barang2 itu. Ibu kamu itu membeli untuk menolong Tante, supaya bisa memberi makan dan menyekolahkan anak2 Tante.

Subhanallah… Tati baru mengerti apa yang Ibu lakukan… Tati baru mengerti setelah bertahun2 ibu pergi.. Ibu membeli dan membeli supaya orang2 yang berjualan ke rumah bisa menafkahi keluarganya…

Semoga Alloh berkenan dengan segala kebaikan yang sudah Ibu lakukan.. Semoga segala kebaikan tersebut bisa melapangkan tempat Ibu… Semoga Tati bisa mencontoh segala kebaikan yang telah Ibu lakukan… Amin ya Rabbal Alamin.

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s