Asisten (Tak) Luar Biasa…

Waktu ke Medan beberapa hari yang lalu, Tati sempat nganteri Mama dan 2 orang yang kerja di rumah (mbak Mintje dan Matias) buat bersih2 rumah. Nahh… di satu rak Tati ngeliat kotak yang ketika dibuka ternyata berisi banyak foto2 jadul Tati zaman kuliah di Bogor… Beberapa lembar di antaranya adalah Pics Tati dengan teman2 sesama Asisten Tak Luar Biasa Pengantar Ilmu Kependudukan. Mata kuliah ini diajarkan oleh pak Said Rusli di Fakultas Pertanian di IPB.

Kenapa dikasi istilah Asisten Luar Biasa, ya? Kalo menurut Tati gak ada kok tugas yang luar biasa dalam menjalankan tugas sebagai Asisten di mata kuliah ini… Gak ada yang beresiko tinggi, atau membutuhkan pengorbanan yang besar dalam menjalankan tugas ini. Sebaliknya malah fun2 aja tuh buat kita.. Emang ngapain aja siyy kalo jadi asisten ? Ya seperti asisten dosen biasa… : ngebantuin para adik tingkat saat praktikum, berlatih hitung menghitung rumus2 yang ada di ilmu kependudukan, dsb.

Ada satu cerita seru saat sempat dua semester jadi asisten di mata kuliah ini.. Ceritanya waktu itu ada salah satu praktikan yang punya beban masalah pribadi. Mungkin karena beban pikiran yang udah mbulet…, dia selalu bersikap memusuhi lingkungan.. Sekali waktu, saat para asisten udah membagikan bahan praktikum kepada dia dan juga praktikan2 lain, beliau bukannya mengerjakan tugas praktikum, tapi malah merobek kertas soal yang telah diberikan padanya… Waddduuuhhh…. Teman2 sesama asisten langsung saling larak lirik, melihat reaksi sesama kita terhadap persoalan tersebut.. Lalu salah satu dari kita menghampiri dan memberikan pengertian bahwa yang rugi karena dia merobek tugasnya adalah dirinya sendiri, bukan kita para asisten.., dan kami gak keberatan kalo harus memberi waktu dan perhatian yang extra buat membantu dia memahami pelajaran ini. Mula2 dia diaaaaammmmmm, tapi beberapa waktu kemudian dia menghampiri salah satu asisten dan minta diberikan soal2 tersebut sekali lagi.. Kita ya seneng banget doonnkk…. Alhamdulillah… Btw. dimana praktikan itu sekarang, ya..? Mudah2an dia jadi orang yang sukses ya…

Btw pics ini kan lokasinya di Jurusan Sosek Faperta di Baranang Siang Bogor. Beberapa tahun yang lalu, Tati sengaja ke kampus itu lagi.. Kangen pengen liat lagi… Ternyata bangunan2 di situ udah gak digunakan lagi buat perkuliahan, karena udah pindah ke Kampus Dramaga. Bangunan2 tersebut digunakan buat kantor Pusat Studi apa gitu… Tati merasa ada yang berubah, ada yang hilang… Lorong2 di kampus itu sepi… Jiwa kampus yang dulu mengisi hari2 Tati dan teman2 udah gak ada lagi… kenapa ya…? Setelah Tati pikir2… Kayaknya itu karena gak ada suara gelak tawa dan canda mahasiswa dan mahasiswi yang duduk2 di pelataran menunggu saat masuk kuliah, saat konsultasi dengan dosen dll. Gak ada teriakan2 para trouble maker yang suka semberengan… Hehehe… Ternyata… jiwa kampus itu diisi oleh jiwa2 mahasiswanya…

Saat itu rasanya Tati jadi rindu sama teman2 se-jurusan, terutama teman2 main selama di Sosek (Linda, Idin, Venny dll), terutama para trouble maker yang suaranya selalu bergema ke sepenjuru Sosek. Hehehe. Tati jadi kangen banget sama Linda Omar, teman sekamar di Pangrango 16 dan sekaligus sejurusan, sehingga kita selalu jalan bareng selama saat2 penyusunan skripsi. Saling menemani saat harus berjam-jam bahkan berhari2 menunggu dosen buat konsultasi.. Dimana ya teman2ku itu…? Mudah2an sehat2 dan bahagia ya…

3 thoughts on “Asisten (Tak) Luar Biasa…

  1. kalau boleh tahu ini angkatan berapa ya mbak …..saya cari teman saya dari Sosek IPB namanya Toto Suprapto angkatan 15 kalau ngga salah apa kenal mbak …. terima kasih infonya …

    ——————–
    Sondha : Saya Sosek angkatan 23, mas.. Saya gak kenal Toto Suprapto, gak sempat ketemu di kampus, jauh banget beda angkatannya..

  2. Rumah baru ya Tante..Fico baru mampir niihh..

    Bunda Fico – > Wahhh poto2nya lucu bngt.. Ampun dah IPB jaman dulu… Jadi kangen kampusku jg ni..Hiks..Hiks

  3. wah kak, fotonya emg jadul banged. pakaiannya aja keliatan.
    **lg membayangkan dimana ya album fotoku wkt esema, itu pun jadul jg… kekeke…

    @ Zee
    Pajang donk foto jadulnya.. Biar kita tau kayak apa kamu mudanya.. Lebih galak atau malah sebaliknya… Kekeke…

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s