Bring Harjo Dalam Kenangan….

Pasar Bring Harjo

Saat Tati jalan kaki malam hari (17 April 2008) bersama teman2 menyusuri jalan Malioboro dari Toko Mirota Batik ke Hotel Ibis, kita melintasi depan Pasar Bring Harjo… Saat melihat pasar tersebut, Tati tiba2 jadi ingat seseorang… Siapa..?

W I W I K…

Wiwik dosen di Universitas Tanjung Pura Pontianak. Beliau teman sekelas Tati saat ngambil Program Penginderaan Jauh Angkatan 1999 di UGM. Di angkatan itu perempuan cuma 3 orang dari 13 orang seangkatan… : Tati, Wiwik dan Aida. Tapi Tati nempelnya dengan Wiwik, karena umur kita sepantaran.. jadi frekuensi-nya lebih nyambung.. Ditambah lagi perjalanan kita masing2 udah cukup panjang, jadi kita sama punya pemikiran “life is not so simple“.. Saat otak Tati dan Wiwik udah terkontaminasi dengan debu2 kehidupan (hehehe), Aida, temen perempuan kita yang satunya lagi, zaman itu tuh masiyy lugu dan polosss banget… Jadi kadang ada beberapa hal yang kita berdua belum bisa membaginya dengan Aida…

Wiwik bener2 sahabat yang baik.. Gak takut mengatakan hal2 “yang menyakitkan” buat Tati dengan tujuan mengingatkan.., meluruskan…, membangkitkan di saat Tati terkadang gak tentu arah karena suatu masalah.. Tati selalu ingat Wiwik beberapa kali bilang dengan logat Melayu Pontianak yang kental..

Buk.., kame (kami) tuh kalo liat kamu tuh kesannya kuat, penuh semangat… Rasanya saya pun ikut terbakar semangat kamu.. Tapi kenape jak, gara2 persoalan yang satu ini kayaknya jadi gimana, gitu..? Mana ketegaran kamu? Mana semangat kamu..?”

Kali lain Wiwik berkata :

“Buk, jadi orang tuh ati2 lah sikit… Tingkah laku kamu tuh terlalu cuek.. Tak baek lah… Tak sedap di mata orang. Meski kamu tak mengapa-ngapa, tapi orang kan tak tau..”

Kali lain…

“Buk, jadi orang punya pendirian lah sikit… Jangan mencla mencle… Jangan jatuh karena perasaan.. Tegar, buk, tegar….”

Makasih ya Wik udah jadi sahabat Tati… yang selalu sabar ngingatin Tati untuk gak jatuh terpuruk…

Terus apa hubungannya WIWIK dengan Pasar Bring Harjo…?

Wiwik itu selama di Yogya tuh gak cuma sekolah.. Terus doski ngapain..? Doski juga bakulan… Bakulan..? Iya, jualan… Jualannya gak di Yogya, jualannya di Pontianak, dikelola oleh kakaknya. Di Yogya justru tempat belanja barang2 yang mau dikirim dan dijual di Pontianak.. Naah.. belanjanya di Bring Harjo.. Wiwik tuh sampai punya tempat belanja langganan, namanya Mbak Leni…

Secara kita sering main berdua, Wiwik jadi suka ngajak Tati buat nemenin dia belanja, dan bantu ngangkatin barang juga… Buseet dehhh, jauh2 Tati ke Yogya, ehh dijadiin tukang angkat barang sama beliau.. Hehehe… Jadi kalo habis belanja tuh.. Tati yang bawa motor, Wiwik ngegonceng di belakang sambil megangin setumpuk barang… Waduuuhhhh hebooohhh aja …!!

Tapi parahnya… Bring Harjo juga menjadi tempat pelarian kalo pikiran mumet karena berbagai pukulan dalam proses mengerjakan tesis… Kalo udah gini, kita emang harus mampu mengendalikan diri untuk tidak lari… Kalau enggak, bisa enggak selesai tuh sekolah…

Sampai saat ini, Tati dan Wiwik masiyy berkomunikasi.. Ya, paling enggak berapa bulan sekali kita tuh masih telpon2an..

Malam itu saat melintasi Malioboro, Tati mengirimkan SMS ke Wiwik : “Buk, kame lagi melintasi depan Bring Harjo.. Jadi ingat Ibuk…”

Beberapa waktu kemudian, saat Tati lagi duduk2 di pinggir jalan nungguin teman2 berburu kaos Dagadu di daerah Ngasem telepon Tati berdering… dari Wiwik…

Tati : Assalammualaikum, buk....

Wiwik : Apa kesah (cerita), buk? Ngape (mengapa) ke Yogya…? Bernostalgia, kah..?

Tati : Enggak, buk. Sama rombongan kantor… Ada kegiatan. Kami lewat di depan Bring Harjo, jadi ingat, ibuk…

Wiwik : Hehehe.. Kame pikir masiyy nak bernostalgia…

Tati : Dah (sudah) lewat musim, buk… Apa kesah? Masih kah bakulan?

Wiwik : Masih lah, buk. Hobby… Justru PJ tuh jauuhhhhhh, jak…!! Saye (saya) tuh sebenarnya nak (mau) telpon, ibuk… Mau konsultasi..

Tati : Konsultasi..? Konsultasi apa? Macam kan tau aja lah kame (kami) niyy… Kame (kami) pun dah makin jauh dari PJ.. Sekarang urusannya pariwisata, buk…

Wiwik : Ha…? Kamu tak di di kantor lama lagi, kah? Ngape?

Tati : Tak lagi. Kami sekarang di Pariwisata. Cari pengalaman, buk… Hehehe..

Wiwik : Saye nak tanya, gimana meindentifikasi sebaran nipah melalui citra Landsat..

Tati : Huahahahaha…. Udah jauh betul lah dari saye, buk… Hehehe..

Wiwik : Nak (mau) tanya ke pak Hartono (dosen pembimbing Wiwik), rasenye jauh betul, buk..! Malu… Siape lah awak niyy.. Mane lebih sibuk bakulan dari pada menerapkan ilmu…

Percakapan berlanjut membahas sebaran nipas dan nilai spektral… Hehehe. Bahkan berlanjut sampai becak yang membawa Tati dan teman dari Ngasem nyampe di Bakpia Pathuk..

Bring Harjo, Wiwik, PJ 99…. adalah hal2 yang tak terpisahkan dalam pikiran Tati. Ini beberapa pics yang Tati temukan di tumpukan foto2 lama…Pics saat bersama2 Wiwik dan teman2 PJ lainnya, ya di ruang kuliah, ya saat kuliah lapangan..

L-R : Sondha, Mudian (Makassar), Wiwik (Pontianak), Pak Surya (Samarinda), Andre (Yogya)

Berdiri L-R : DR. Hartono, DESS (dosen kita & pembimbing Wiwik), Andre (Yogya), Wiwik (Pontianak), Pak Surya (Samarinda). Duduk L-R : Faizal (Makssar), Pak Sisno (Purwokerto), Mudian (Makassar), Eko (Yogya), DR. Prapto Suharsono (dosen), Aida (Surabaya)
L-R : Sondha, Eko (Yogya), Wiwik (Pontianak), Arief (Yogya), Aida (Surabaya), Pak Projo Danoetirto (dosen)

Duduk L-R : Aida (Surabay), Eko (Yogya), Andre (Yogya), Pak Sisno (Yogya), Pak Surya (Samarinda), Hendri (?), Wiwik (Pontianak), Mudian (Makassar), Berdiri membelakangi kamera : Sondha

L- R: Aida (Surabaya), Faizal (Makassar), Pak Sisno (Purwokerto), Eko (Yogyakarta), Pak Surya (Samarinda), Arif (Yogyakarta), Hifsi (Samarinda), Wiwik (Pontianak), Sondha
L-R : Pak Sisno (Purwokerto), Pak Surya (Samarinda), Hifsi (Samarinda), Mudian (Makassar), Wiwik (Pontianak), Faizal (Makassar), Aida (Surabaya), Eko (Yogya), Sondha

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s