Juice Terong Belanda…

Temans.., kalian tau buah Terong Belanda (Solanum betaceum, syn. Cyphomandra betacea) gak siyyy…? Tau lah yaa…! Seperti markissa, siropnya juga udah ada di toko2 dan menjadi oleh2 khas Medan. Buah ini memang banyak banget ditemuin di Medan, kota yang udah jadi 2nd hometown buat tati karena emang sejak kunak2 (istilah keluarga kita untuk kanak2 yang kecil banget2) udah bulak balik ke sono.. Bahkan pohon Terong Belanda ini dulu juga sempat ada di halaman samping rumah Opung di Sipirok..

Tapi herannya sampai di usia 40 tahun 2,5 bulan Tati tuh gak pernah minum yang namanya juice Terong Belanda.. Aneh gak siyyy…?

Iya, Tati juga gak ngerti kenapa gak pernah mau nyoba.. Padahal Tati suka aja tuh nyoba berbagai macam makanan baru, asal jangan yang terlalu aneh2 bahannya..

Nah waktu liburan akhir Desember 2007 yang lalu.., suatu siang Papa pulang dari salah satu kegiatan sosialnya.. Papa lalu ngampirin Tati sembari ngulurin sebuah kantong assoy yang entah apa isinya.

Tati lalu nanya : Apaan ini, Pa?
Papa : Juice terong belanda buat Sondha dan Mama, ada dua bungkus tuh.
Tati : Iya, Pa. Makasih.

Mama lalu nyuruh Tati nyimpan yang jatahnya Mama ke kulkas karena Mama baru selesai makan siang dan masih kenyang. So, Tati simpan deeh keduanya dalam kulkas..

Sore2.. Nanda yang abis bangun tidur pergi ke dapur terus ngintip2 isi kulkas.. Lapar kali dia.. Tau2 dia ngliat kedua bungkus juice terong belanda. Dia langsung nanya ke Tati.. “Wowo, apa ini? Juice terong belanda, bukan? Aku mau boleh, gak?”. Tati langsung ngambilin mug yang besar buat nampung juice terong belanda yang udah beku dan lebh mirip sorbat dari pada juice.

Nanda lalu membawa mug berisi juice beku ke teras, lengkap dengan sendok buat ngancur2in juice yang beku.. Di sana dia duduk sambil menikmati juice terong belanda dengan nikmatnya.. Ngeliat Nanda yang kayaknya asyik banget, nikmat banget.. Tati jadi mikir.. Kok kayaknya enak, ya…? Pengen nyoba deehh… Lalu…

Tati : Nan, Wowo boleh nyoba juice terong belandanya, gak? Kok kayaknya enak?
Nanda sembari mengulurkan mug : Coba aja, tapi jangan banyak2 ya! Kalo Wowo mau kan di kulkas masih ada satu lagi.. (Hehehe..)
Tati : Wowo cuma pengen nyoba, Nan. Wowo belum pernah nyoba..
Nanda : Wowo belum pernah nyoba juice terong belanda? Kenapa? Enak, lho…!!

Tati lalu meraih mug yang diulurkan Nanda. Lalu menyuap seujung juice terong belanda yang udah beku.. Ya ampyuuuuuuuunnnnnnnn, ternyata enak bangeeeeeettttt…!!! Aseeemmnya itu enak banget dilidah….

Tati buru2 mengembalikan mug itu ke Nanda dan buru2 lari ke dapur buat ngambil juice terong belanda beku yang masih ada satu lagi di kulkas.. Sejak itu.., kalo ke tempat2 makan dan mau pesan minum, Tati suka nanya dulu, ada juice terong belanda, gak? Kalo ada, ya mesennya juice terong belanda.. Kamse’ alias norak banget ya…? Telat tau tapi terus jadi kecanduan.. Hehehe….***


Pics diambil dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Tamarillo

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s