Posted in Public Services

Ngurus Pajak…

Besok…, si Sparky ultah yang pertama.. Artinya, it’s time for me to pay Pajak Kenderaan Bermotor.. Sejak beberapa waktu yang lalu Tati udah mutusin untuk menjalani sendiri proses pembayaran pajak kali ini.. Biasanya selalu minta tolong teman..

So, pagi ini setelah ikut teman2 membezuk putra salah seorang teman kantor (Zulbadri) yang dirawat di RS Pekanbaru Medical Center (PMC), Tati langsung ke kantor SAMSAT (apa ya kepanjangannya…?) yang berlokasi di Jl Gadjah Mada Pekanbaru. Here the process…

Pertama2, Tati pergi ke bagian informasi yang berada di kanan pintu masuk. Di situ Tati nanya apa saja yang harus dilakukan dan dilengkapi.. Petugas yang di bagian ini cukup ramah.. Di pc yang ada di meja-nya juga kita bisa mengetahui berapa besar pajak yang harus kita bayarkan. Good service… Hanya saja ,mungkin perlu sedikit ditambahi bekal ilmu service exellent..

Dari meja bagian informasi Tati bergerak ke loket pengambilan blangko. Dengan menunjukkan STNK yang asli, photocopy kartu pengenal, Tati memperoleh blangko yang harus diisi. Blangko tersebut meminta data2 kita sebagai pemilik mobil serta data mobil kita.

Setelah mengisi blangko, Tati menuju loket pendaftaran.. Di sini petugasnya ramah, dan hanya butuh waktu yang singkat untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Tati lalu disuruh menunggu di depan loket pembayaran, nanti kalo berkas2nya udah komplit nama Tati akan dipanggil untuk membayarkan pajaknya.

Tati lalu duduk di depan loket pembayaran.. Menunggu. Kata petugas di loket ini cepat atau lambat pemanggilan tergantung proses administrasi di Loket Pendaftaran. Jadi kita harus sabar menunggu. Gak masalah dehhh.. cuma sayang petugas di loket ini kurang ramah dan bersahabat serta agak2 malas2 senyum… Setelah nunggunya agak lama, lebih dari 1/2 jam , akhirnya nama Tati dipanggil juga.. Setelah bayar pajak.. Tati tinggal menjemput STNK yang baru besok pagi..

So far…, ternyata ngurus STNK di sini gak susah kok.. So teman2, coba deh ngurus sendiri.. Tapi kalo emang pengen berbagi rezeki dengan saudara2 kita yang mengais rezeki dengan menjadi calo, gak ada salahnya juga siyy….

Advertisements

Author:

An ordinary person. Love reading, love to walk around, love to travel, love to write, love the rain...

One thought on “Ngurus Pajak…

Comments are closed.