Posted in Kutu Buku

Pergilah Ke Mana Hati Membawamu…

Dan kelak, di saat begitu banyak jalan terbentang di hadapanmu dan kau tak tahu jalan mana yang harus diambil, jangan lah memilihnya dengan asal saja, tetapi duduklah dan tunggulah sesaat.  Tariklah nafas dalam-dalam, dengan penuh kepercayaan, seperti saat kau bernapas di hari pertamamu di dunia ini.  Jangan biarkan apa pun mengalihkan perhatianmu, tunggulah dan tunggulah lebih lama lagi.  Berdiam dirilah, tetap hening, dan dengarkan hatimu.  Lalu, ketika hati itu bicara, beranjaklah, dan pergilah ke mana hati membawamu.

Kalimat-kalimat itu tertulis di paragraf terakhir buku Pergilah Ke Mana Hati Membawamu. Buku ini adalah terjemahan dari buku berbahasa Itali yang ditulis oleh Susanna Tamaro dengan judul asli Va’ Dove Ti Porta Il Cuore.   Buku ini dipulikasikan pertama kali tahun 1994,  Dan saat ini, selain telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, buku ini juga diterjemahkan ke berbagai bahasa lainnya..

Dan Tati menemukan buku ini di sebuah rak buku sastra di toko buku Gramedia Pekanbaru tanggal 20 April tahun 2005.  Lama banget ya baru selesai dibaca…  Iya, udah beberapa tahun terakhir Tati suka baca buku gak langsung selesai..  Jadi suka baca, terhenti, trus entah kapan dilanjut lagi….  Akibatnya di samping tempat tidur tuh banyak buku, yang udah pada mulai dibaca tapi belum selesai..

Kenapa Tati agak seret membacanya..? Hmmmm.. sejujurnya buku ini membawa Tati ke dalam keheningan,  yang buat Tati sering kali membuat diri menjadi mellow…  Kok bisa begitu?  karena buku ini adalah confession dari seorang nenek yang ditinggalkan cucunya entah kemana..  Si nenek merasa waktunya semakin pendek, sementara begitu banyak hal yang belum sempat mereka bicarakan, terutama hal-hal yang dirahasiakan bertahun-tahun dalam keluarga tersebut..

Rasa kesepian si nenek, pengakuan atas kejadian2 di masa lalu serta setting cerita saat winter bisa menggigit jiwa pembacanya..  Membawa si pembaca ke dalam kesedihan, kepedihan dan kesunyian yang dalam…  Makanya kalo Tatinya juga lagi mellow, Tati gak mau menyentuh buku itu…

Tapi buku ini sebenarnya berisi tentang kebijaksanaan seorang perempuan tua yang terbentuk dari perjalanan hidupnya yang pajang, yang mungkin bisa kita ambil hikmahnya sebagai pelajaran dalam menjalani hidup..  Dengan inti pelajaran : PERGILAH KE MANA HATI MEMBAWAMU…  Dengarkan lah hati nuranimu.

Advertisements

Author:

An ordinary person. Love reading, love to walk around, love to travel, love to write, love the rain...

3 thoughts on “Pergilah Ke Mana Hati Membawamu…

  1. baca postingan wowo aja jadi melow, palagi baca bukunya..
    secara emang dari sananya kita produk melow, jadi gampang kepancing jadi melow deh:p

    kayaknya bagus bukunya..
    kok aku jadi kasian sama neneknya yah?
    jadi inget sama uci yang meninggal maret lalu hiks:((

    —————
    Sondha : Tapi dibalik segala ke’mellow’an-nya.. Buku ini mengandung banyak kebijaksanaan..

Comments are closed.