Ke Brastagi

Sabtu 29 November Tati, Mama Nhoya, Nanda dan kak Wati (yang bantu Mama Nhoya ngurus Nanda di rumah), jalan2… Kemana..? Ke Brastagi.. Brastagi adalah suatu kota di upland Gunung Sibayak, sekitar 66 km dari Medan.

Ceritanya kita pengen nyenang2in Nanda, karena dia gak kita izinkan ikut keluarga Mami Uli pulang ke kampung Papi Liberty, di Narumonda. Kita takut gak ada yang ngurus Nanda.., karena para mbak udah kerepotan untuk ngurus ketiga anak Mami Uli : Samuel, Esther dan Monnic. Beda dengan waktu Nanda ikut Mami Uli, Samuel dan Esther ke Malaysia pertengahan Desember yang lalu. Waktu itu ada Tante Po yang ngurus Nanda, jadi gak masalah…

Buat menghibur Nanda, dan sekalian Wowo juga pengen banget jalan2 lagi ke Brastagi.., jadi kita pergi deehhhh..!! Tapi kita berangkatnya udah siang.. , udah hampir jam 13an.., mana pake macet pula di sekitar pasar Pancur Batu..

Waktu kecil, Tati sering banget bolak balik ke Tanah Karo ini, ikut almarhum ibu ziarah ke makam ayah-nya (Nempol Harahap) dan abang-nya (Syamsuddin harahap) di Tiga Binanga. Ceritanya, Ompung Nempol Harahap dulunya guru di daerah Siak yang dipindahtugaskan ke Tiga Binanga, lalu meninggal dunia di sana. Sebelumnya saat anak lelaki tertua Opung Nempol yang bekerja dan menetap di Siak mengunjungi keluarga Opung Nempol di Tiga Binanga, anaknya tersebut (Syamsuddin Harahap) meninggal dunia di Tiga Binanga. So di sana ada makam dua anggota keluarga.

Untuk sampai ke Tiga Binanga, kita akan melewati Pancur Batu, Sembahe, Sibolangit, Kabanjahe, dan Brastagi, baru deh sampai ke Tiga Binanga (ada banyak desa2 kecil lainnya, tapi Tati gak ingat). Tapi dulu selain ziarah, kita selalu berhenti di daerah2 yang menjadi obyek wisata, seperti Sembahe, Kabanjahe dan Brastagi.., menikmati udara yang segar, belanja buah2an, belanja bunga hidup dan bunga potong serta makan2 doonkk..!!

Terakhir Tati ke Tiga Binanga sekitar pertengahan tahun 1980an.. Saat liburan lulus SD.. Udah lama banget yaaaaaa….? Sekitar tahun 1992-an sempat sih jalan2 sama Papa dan Nhoya ke daerah ini.. tapi cuma sampai ke Kabanjahe, ke kebun jeruk kenalan Papa. Waktu itu rasanya asyik banget boleh metik jeruk suka2 di kebun jeruk yang luasnya minta ampun.. Sejauh mata memandang, semua pohon jeruk…!! Jeruk Brastagi emang terkenal manisnya..! Setelah itu Tati gak pernah menginjak Tanah Karo yang sejuk.. rasanya kangen… Kangen menikmati dinginnya udara pegunungan, menikmati pemandangan bunga dan sayur dimana2… Hhhhhmmmmm…. Kangen dengan masa kanak2 Tati yang indah, yang hari2nya sempat melintasi daerah ini…

Ternyata banyak sekali perubahan di Tanah Karo yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Utara ini.. Tati terkaget2 saat melintasi daerah Sibolangit.. Daerah yang gak asing buat keluarga kami ini (Papa lahir di Sibolangit, saat Opung Sutan Barumun bertugas mengajar di sini), tidak lagi hanya hamparan padang rumput yang pernah jadi lokasi Jambore Pramuka Nasional tahun 1977… Tapi sudah berubah jadi gerombolan villa dan penginapan.. Bahkan di sini sedang dibangun sebuah kawasan taman hiburan “Theme Park”. Dari pinggir jalan terlihat jaringan rel jet coaster dan kincir raksasa, seperti bianglala yang di Dufan. Sementara di pinggir jalan sudah terbangun sederet pertokoan yang sudah diisi dengan restaurant dan mini market.. Here d pic, tapi Tati motretnya dalam perjalanan pulang, jadi udah gelap…, namun kincir raksasa masih terlihat sayup2.. Mohon diamati.., kalo perlu pake lup, biar kelihatan.. Hehehe..

Kejutan tidak berakhir di situ… menjelang masuk kota Brastagi Tati melihat banyak sekali bangunan hotel2 megah.. bahkan di situ terdapat Mikie Holiday, Resort dan Hotel, sebuah kawasan yang terdiri dari hotel dan juga taman bermain.. dari pinggir jalan, kelihatan siyy kawasannya gak terlalu besar.. , tapi saat mengamati dari jarak yang agak jauh, kelihatan deh kalo kawasan ini sampai ke bukit2 di belakangnya…. Bagus banget… Mudah2an ini tidak merusak lingkungan ya… karena bukit2 ini adalah catchment area.. Mudah2an pengelola kawasan ini membuat sumur resapan yang bisa membantu air hujan masuk ke tanah…, sehingga siklus air tetap terjaga..

Begitu melihat Mikie Holiday, Nanda langsung merengek minta main ke situ.. Rencana kita sih emang mau main ke situ.. tapi nyari makan dulu lah yaaa. Udah lapar banget soalnya.. So kita meneruskan dulu perjalanan ke Kota Brastagi..

Menjelang masuk kota Brastagi, di sisi kanan jalan, Tati melihat Penjual Bunga “Pelawi”. Pikiran Tati segera melayang ke masa lalu… Masa kecil.. saat Tati masih sangat belia, bahkan belum TK.. Dalam suatu kesempatan ke Tiga Binanga, ibu berbelanja bunga di penjual bunga tersebut.. Si cilik Tati, yang merupakan “ekor”nya ibu ya ikut turun… Ternyata di situ ada anak anjing yang lucu banget… Tapi sialnya, anak anjing itu juga menganggap si cilik Tati yang kriting kruil sebagi makhluk yang lucu… sehingga anak anjing itu mendekati si cilik Tati, dan berusaha mencium.. Si cilik Tati jadi ketakutan dan lari… eh anjingnya makin ngejar… Si cilik Tati terpaksa berlari ke sana ke mari, ketakutan… Para orang dewasa yang saat itu berada di sekitar si cilik Tati bukannya langsung menyelamatkan diriku… eh malah sempat2nya memotret… Haaaaalllllaaaahhh… Dimana photo itu sekarang ya…? Dulu Tati sering melihatnya di sebuah album tua di lemari tempat menyimpan album2 lama di rumah Jl. Durian.. jadi pengen nyari lagi…

Back to now…

Setelah sampai di kota Brastagi, kita makan di tempat makan yang ditemukan Mama Nhoya waktu dia ada acara training dari kantor yang diadakan di sebuah hotel di daerah ini beberapa bulan yang lalu.. Setelah makan baru deh kita ke Mikie Holiday, dan sebelumnya sempat bikin beberapa photo di sekitar Hotel Bukit Kubu yang merupakan hotel terkenal di daerah ini, yang juga menyediakan kuda2 untuk ditunggangi anak2 berkeliling taman di kawasan hotel..
L-R : Kak Wati, Nanda & Mama Nhoya

L-R : Kak Wati, Nanda & Wowo-nya Nanda

One thought on “Ke Brastagi

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s