Mau Jum’atan Bu…?

Ini cerita lucu.. yang bikin Tati malu.. karena malu2in..

Sehari sebelum lebaran, jam 10an Tati dari rumah Pandau pergi ke Pasar Bawah. Ceritanya mau nyari pesanan Ananda..: swiss roll rasa chocolate.., dan pesanan Mama Nhoya : Bolu kembojo..

Selesai dari acara bela beli.. Tati rencananya singgah dulu di rumah Eko buat ambil keripik cabe tangguh (istilahnya Nanda Besar, karena rasa kripik cabe ini bener2 enak, ngalahin keripik cabe lain yang pernah kita cicipi. So, rasanya tangguh banget..!!!). Waktu kena lampu merah di bunderan pesawat terbang, Tati ngelirik jam di pergelangan tangan kiri, 12.05. Waduh.. ntar lagi Dzuhur niyy… Karena udah kepalang ambil jalur tengah, Tati akhirnya muter untuk balik ke arah mesjid Al Falah di Jl. Sumatera. Gitu nyampe, Tati lihat jam 12.15. Tati langsung dengan yakinnya masuk ke mesjid, meski sempat ngeliat ada bapak2 yang menatap Tati dengan tatapan heran.. Tapi Tati cuek aja, karena gak merasa ada yang salah…

Sampai di mesjid Tati lihat kok rame banget ya..? Biasanya sholat Dzuhur di mesjid ini memang rame, tapi gak seramai kali ini.. Terus kok gak ada jamaah perempuan..? Semua jamaah yang hadir laki2.. Bahkan papan setengan badan yang membatasi shaf laki2 dan perempuan juga gak ada di tempat biasanya… Tati lalu bertanya pada salah seorang jamaah, kok jamaahnya laki2 semua. Jamaah tersebut menjawab dengan polos, “Iya bu, memang jamaahnya memang laki2 semua.” Tati lalu merasa kalo ada yang gak beres niyy.. Tapi apa ya.. Dari pada semakin gak jelas, Tati lalu kembali ke mobil dan meninggalkan kawasan mesjid. Tati pikir mendingan ke rumah kak Tati bersaudara yang berada dekat mesjid buat numpang sholat.

Sambil mengemudikan mobil perlahan2, Tati tetap mikir apa yang salah ya.. Apa itu orang2 yang mau mengantar dan menerima zakat.., tapi kok ya gak ada perempuan..? Tiba2 terlintas dalam pikiran Tati… Masya Allah… Ini kan hari Jum’at… Jelas aja gak ada jemaah perempuan yang sholat dzuhur di mesjid.. Ini kan hari raya-nya para lelaki… Pantas ada yang menatap Tati dengan heran saat Tati masuk mesjid.. Tiba2 Tati rasanya malu sekaliiii…. Rasanya gak pengen ketemu sama orang2 yang udah ngeliat Tati masuk ke mesjid saat orang mau sholat Jum’st. Hehehe..

Btw, waktu kerja lapangan PUSPIC di daerah Kendal akhir tahun 1998an, Tati melihat ada jamaah perempuan yang ikut sholat Jum’at di mesjid. Karena gak ngerti hukumnya, waktu itu Tati sih nunggu para bapak2 selesai sholat Jum’atan baru mulai sholat..***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s