Buka Puasa Bersama…

Sabtu tanggal 6 September, Tati dan tetangga satu lorong di Perumahan Pandau mengadakan acara buka puasa bersama, sekaligus arisan ibu2 bulan Oktober.

Sebenarnya acara makan2 bersama sudah dinginkan oleh para bapak2 sejak beberapa bulan yang lalu… Secara para bapak2 merasa jealous ngeliat para ibu yang tiap awal bulan kumpul2 dan makan2 pada acara arisan. Mana kalo ibu2 arisan, anak2 biasanya ikutan kumpul dan makan, tapi bapak2nya silahkan jaga rumah aja.., atau kumpul2 sesama para bapak di tembok salah satu rumah tapi gak pake makan2…
Kecian dech…..

2 minggu yang lalu, setelah mengunjungi pasangan muda yang baru menikah di lorong, para ibu2 yang meneruskan dengan bincang2 tiba2 punya ide buat mengadakan acara buka bersama yang diadakan pada saat acara arisan bulanan. Kita malam itu juga merundingkan menu yang akan dibuat serta pendanaannya. Setelah melalui proses pematangan…, kita pun melaksanakannya…

Persiapan dimulai sejak pagi.. Dimulai dengan Papa & Mama Naya belanja daging dan tulang untuk dibuat sup.. Lalu jam 07an, Tati beserta Mama Naya dan Mama Chyntya pergi belanja ke Pasar RS yang berjarak sekitar 3 km dari rumah. Selesai belanja, Tati dan Mama Chyntya berangkat ke kota. Kita mau belanja bahan minuman buat buka puasa.. Pulang dari kota, Tati gak tahan lagi, rasanya ngantuuuuuukkkk banget. Sebenarnya sejak nyetir ke kota juga udah mulai ngantuk, cuma ditahan2.. Untung ibu2 lain pengertian dan merelakan Tati buat tidur dulu. Gak sopannya, sangkin ngantuk, jan waker yang disetel untuk membangunkan 30 menit kemudian gak kedengeran. Tati baru bangun setelah tidur 2 jam… Hehehe, dasar kebo..!! Setelah dzuhur, Tati langsung lari ke rumah Mama Naya, rumah yang akan dijadikan lokasi makan2 sekaligus tempat masak, bergabung dengan ibu2 lain. Setelah semua masakan beres, para ibu2 pulang buat bersih2…

Menjelang jam 18an… para bapak, ibu dan anak2 mulai berkumpul di rumah keluarga pak Mail alias Papa Naya.. Begitu adzan magrib terdengar, semua langsung menyerbu makanan dan minuman yang telah terhidang… Ternyata, makanannya pada enak2 banget… Sup tulang dan dagingnya langsung jadi menu favorite, apalagi malam itu cuaca emang dingin banget, setelah hujan lebat dan angin kencang melanda Pekanbaru sore harinya… Para bapak2 dengan malu2 kembali mendekati panci sup sambil cengar cengir dan ngomong “Aduh, kami lagi enggak enak badan, jadi perlu nambah makanan yang hangat lagi niihhh”. Hihihi… Anak2…? Podo…!! Semua pada bulak2 balik ke meja makan tempat semua makanan dihidangkan… Sup tulang, ayam goreng bumbu, ikan asin campur terong digoreng dengan cabe ijo, kelepon, tahu isi, es honey melon.., semua diserbu…. Seru sekaleee… Alhamdulillah, nikmat banget.

Jam 20an, para Bapak2 bubar… ada yang ke mesjid buat tarwehan, ada yang melanjutkan kerjaannya… Ibu2…, ngobrol samapai jam 23an… Ngobrol apa aja sih ? Macam2. Ngerencanain arisan baru (bulan depan adalah arisan terakhir di putaran ini), berbagi info tentang situasi di lingkungan, dll. Tau gak sihhh…, ngobrolnya tuh sambil pada tidur2an di ruang keluarga di rumah Naya.. Bahkan, para anak2 ada yang sampai tidur dan pulangnya digendong… Hehehe..

Mudah2an keakraban semakin kuat di lingkungan kami… Mudah2an kami bisa saling menjaga dan saling peduli. Bukankan tetangga adalah keluarga terdekat kita..? Semoga lingkungan rumah kami menjadi lingkungan yang dirahmati Allah. Amin.***

Ini beberapa pics lagi..

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s