Teman Sekamar…

Tadi malam jam 22-an Tati baru nyadar kalo kemaren itu tanggal 04 Desember 2008.  Hmmmm, kok bisa ya orang kerja gak ingat tanggal…?  Trus Tati juga jadi nyadar kalo kemaren tuh ultahnya Linda Ramalah Omar, mantan teman sekamar Tati waktu kost di Jl. Pangrango 16 Bogor, yang  sekarang udah jadi Met Liefde Cafe.  Tapi karena udah kemalaman, Tati baru nelponnya tanggal 5…

sondhalindaSebenarnya Linda bukan lah satu2nya mantan teman sekamar Tati.  Tati sebelumnya sempat sekamar dengan kak Evi dan mbak Nila, tapi cuma sebentar-sebentar alias beberapa bulan ajah..  Sama Linda yang agak lamaan dan sangat berkesan..  Karena kita tuh gak pernah clash..  Saling ngerti.. Saling berbagi… Jadinya asyik ajah…

Sebenarnya kita udah kenal sejak tahun kedua kuliah, karena satu jurusan di Sosek.  Tapi kita gak pernah ngobrol karena teman2nya beda..  Lalu tahun ketiga di Bogor Tati pindah kost ke Pangrango 16, ternyata Linda kost di situ juga.  Karena sekelas, kita jadi suka berangkat dan pulang kuliah bareng, bahkan teman2nya jadi sama..   Lalu setahun lebih di akhir masa kuliah kita jadi sekamar pula….

Tati ama Linda sebenarnya jadi sekamar karna masing2 teman sekamar kita pada keluar..  Teman sekamar Tati sebelumnya, mbak Nila, dosen Fakultas Peternakan Universitas Jambi yang  ngambil S2, pulang ke Jambi karena hamil dan harus bedrest sehingga sekolahnya ditunda.  Teman sekamar Linda sebelumnya, Chi2, mengakhiri masa jadi anak kost2an karena udah lulus dan pulang ke Jakarta.  Karena sama2 bosan sendirian di kamar masing2, kita tuh selalu tidur bareng..  Kadang Linda nginap di kamar Tati, kadang Tati yang nginap di kamar Linda.  Setelah beberapa waktu tinggal bersama dengan status gak jelas..  Hehehehe..  Kita akhirnya mutusin buat jadi sekamar…

Keputusan untuk menjadi roommate bukanlah keputusan yang mudah..  Secara masing2 kita punya properti se-abrek2, sementara kamar kita tuh kecil banget, cuma ukuran 2,5 m x 3 m kali yaa… Mana tempat tidur kita  Ligna 2 susun, yang satu harus dimasukkan ke bagian bawah  tempat tidur yang satunya kalo gak dipake.  Kalo enggak dimasukkan, lemari pakaian gak bisa dibuka dan Linda gak bisa duduk di kursi belajarnya…..

So, kita akhirnya memutuskan begini… :

–  Linda memulangkan lemari pakaiannya ke Jakarta,   lalu kita menggunakan lemari pakaian Tati bersama-sama.  Bagian lemari buat baju yang digantung dipakai bersama, bagian lemari yang buat baju dilipat dibagi 2.  Linda dapat 2 rak, Tati dapat 2 rak.

– Linda memulangkan tape-nya ke Jakarta dan kita menggunakan tape Tati.  Tapi koleksi kaset Linda tetap tingggal dan itu memperkaya koleksi musik di kamar kita yang gak pernah sepi dari suara musik..

– Rak rotan Linda kita manfaatkan buat tempat tape dan persediaan amunisi alias makanan, selain barang2 pribadi Linda.  Rak rotan Tati kita gunakan buat tempat TV dan berbagai barang pribadi Tati.

–  Secara sebelum tidur kita suka buka lemari pakaian buat ambil baju ganti atau keperluan lainnya, so yang tidur duluan harus tidur di tempat tidur atas.  Yang belakangan tidur di tempat tidur bagian bawah, yang harus ditarik dulu sebelum dimanfaatkan.  Jadi kita gak menetapkan sistem ini tempat tidur gue, itu tempat tidur elu. Dua2nya tempat tidur kita…

– Untuk kenyamanan mata,  kalo lagi pake sprei Linda kedua kasur kita pakein sprei2 Linda yang motifnya sama.  Atau kalo lagi pake sprei Tati, ya dua2nya dipakein sprei Tati yang motifnya juga sama.  Jadi kedua kasur tuh dipakein sprei yang motifnya sama.. Enak kan dilihatnya…

–  Segala barang habis pakai, seperti makanan dan tissue, kita gak pernah itung2an..  Kita bisa belanja bersama maupun sendiri-sendiri tapi  kita sharing saat mengkonsum..  Buat kita, barang habis pakai yang ada di kamar kita adalah milik kita berdua..   Jadi di kita  gak ada tuh cerita yang satu tukang belanja yang satu tukang ngabisin..  Tapi tetap tata krama berlaku, kalo mau mengkonsum belanjaan teman tetap ngasi tau dulu..  Kita berdua saling bertoleransi dan berbagi…

Secara kita sekamar  dan  juga kuliah di jurusan yang sama (meski beda program studi), kita berdua tuh jadinya selalu rendeng-rendeng  kemana2..   Tiap hari kita jalan berdua ke kampus..  saling nemenin kalo pada nunggu dosen buat kosultasi.  Lalu setelahnya kita nyari makan berdua..  Atau terkadang bareng dengan Idien alias Dindin Dinijah Sururi,  dan si Pepen alias Venny Anggrijani.  Pulang dari kampus kadang kita pergi main, nonton atau kalo enggak tidur siang…  Selesai magrib kita biasanya nyari makan, kadang sambil berburu amunisi alias cemilan di Hero Internusa.

Acara nyari makan malam juga seringkali meriah, terutama di saat-saat menjelang ujian skripsi yang penuh tekanan..  Kita seringkali  ke Pasar Gembrong yang menyediakan banyak pilihan makanan, bahkan kita pernah bela2in hujan2 ke Bogor Permai karena pengen makan nasi goreng-nya yang emang enak banget…  Setelahnya, di meja belajar masing-masing kita berjuang menyelesaikan skripsi.  Sering kali satu sama lain menjadi pemacu bagi yang lainnya..  Melihat Linda sibuk mengolah data atau nulis, bikin rasa malas dan jenuh Tati sirna..  Begitu juga sebaliknya..  Karena selalu rendeng2 ke sana ke mari,  kata teman2 kita kayak kembar siam tapi beda banget.. Ya iya lah, secara yang satu Batak dengan mata yang sipit, dan yang satunya lagi Jawa campur Arab campur Belanda dengan mata yang belo’.. Hehehe..

Tati juga ingat banget malam sebelum Tati ujian skripsi, Linda berusaha mengalihkan pikiran Tati yang nervous dengan mengajak pergi makan malam ke Pasar Gembrong, terus pulangnya langsung tidur karena udah lelah…  Hehehe..  Linda tau banget klo Tati tuh apa2 pengennya perfect, jadi kalau akan ada event yang penting gitu selalu mikir apa lagi niyy yang belum supaya besok gak malu2in..

Dannn, rasanya bahagia banget saat Tati ujian skripsi pada bulan Maret 1992 lalu Linda menyusul pada bulan Mei 1992 sehingga kita bisa wisuda bareng di Juni 1992.  Tati masih ingat saat2 kita berdua bergandengan tangan memasuki Graha Saba buat mengikuti acara wisuda.  Rasanya itu adalah salah satu saat yang indah dalam hidup Tati.  Kita juga keluar dari tempat kost pada hari yang sama, jadi enggak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan…  Kita meninggalkan segala sesuatunya bersama-sama…

So, tadi malam Tati nelpon Linda to say Happy Birthday..  Karena Linda gak dengar saat telpon berbunyi, Linda akhirnya menelpon balik Tati..  Kita ngobrol… Huhuhuhu….  Seneng banget rasanya.. Secara kita udah berbulan2 juga gak ngobrol di telpon..  kalo gak salah terakhir kita ngobrol sekitar bulan Februari 2008.   Ketemuan juga udah lama banget…  Terakhir beberapa tahun yang lalu kita janjian  di sebuah kafe di Pondok Indah Mall.  Ketemuan yang diisi dengan hahahihi dan bikin lupa keluarga sehingga baru bubar saat PIM tutup..  Hehehe…

Saat ngobrol tadi malam Linda bilang “Kok gue gak jadi2 ya ke Pekanbaru? Padahal kan sejak zaman kita sekamar udah niat mau ke Pekanbaru.  Hehehehe”.  So kita janjian buat ketemu ASAP… , kalo Tati ada kesempatan ke Jakarta.  Mudah2an bisa segera ya..  Soalnya Tati kangen banget ngobrol cekakak cekikik sama si ibu yang baik hati ini…

Linda sahabatku, happy 41st birthday..  Semoga selalu dalam lindungan Alloh.., hidup berbahagia dengan Buno, Malik dan Faizal ya…  Luv & Miss U…

pasukan-pangrango1

Tati dan Linda bersama teman2 kost di Pangrango 16 bergaya di depan tukang martabak di depan pasar Bogor.  L – R : Mbak Nila (dosen Fak. Peternakan Univ. Jambi), Daicy (kamu dimana sekarang, say?), Linda, Mbak Ella (juga dosen Fak. Peternakan Univ. Jambi), Kak Evi dan Tati.  Lihat tanggal pemotretan di kanan bawah..  Tahun 1989..  Udah 19 tahun yang lalu, saudara-saudara…

 

pasukan-pangrangoL – R :  Linda, Kak Evi, Tati, Daicy, Mbak Ella, Mbak Nila dan Mbak Susi (juga dosen Fak. Peternakan Univ. Jambi)

4 thoughts on “Teman Sekamar…

  1. wah kak seru banged kayanya pertemanan kk dulu ya. kalo aku krn ga pernah sekolah jauh2 jd ga pernah merasakan spt apa sharing sama temen kos.
    **eniwei, sometimes rindu jg melihat suasana jaman 80-90-an. dan semua ada di foto2nya kak shonda….🙂

    ————–
    Sondha : Kalo kita jauh dari rumah.., para teman kost adalah keluarga kita.. Sehingga kalo nemuin teman kost yang click rasanya akan menyenangkan sekali…

  2. assalammualaikum Tati nya Olan🙂
    tulisan2 Tati bagus2 banget..
    tukeran link boleh ya Tati🙂

    ————————
    Sondha : Waalaikum salaam, Lia. Makasih ya udah baca tulisannya Tati. Tukeran link..? Kenapa enggak? Mana alamat blognya Lia?

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s