Penginderaan Jauh……… (2)

Setelah ngecek buku Wisuda Pasca Sarjana UGM Januari 2001, Tati akhirnya tau kalo Mas Taufik yang ngemail Tati adalah dosen muda (duluuuu…! sekarang udah tua deh kayaknya..! Hehehe) yang dulu juga ngajar Tati dan teman2 S2 PJ UGM Angkatan 99 di Lab SIG. Karena dosen Geografi yang bareng wisuda dengan Tati itu hanya 2 (dua) orang. Yang pertama, mas Sigit Heru Murti Budi Santosa (saat ini Wakil Pengelola II Program Magister Pengelolaan Lingkungan UGM), yang sama2 ngambil jurusan Penginderaan juga sama2 anak bimbing Prof. Sutanto. Sedangkan yang kedua adalah mas Djaka Marwasta, tapi beliau ngambil program studi Lingkungan. Jadi gak ada tuh yang namanya Taufik Purwanto bareng wisuda sama Tati… (mas Taufik, saya udah titip pesan sama mas Ichi buat nonjok mas Taufik kalo ketemu, karena udah nyoba ngapusi saya dengan ngaku2 bareng wisuda dengan saya.., sehingga saya sempat merasa bolot banget..!! Hehehe..!!)

Nah, kemaren dapat email lagi dari beliau.. ternyata postingan Tati yang berjudul Penginderaan Jauh……….(1) beliau tunjukkan ke Prof. Hartono, DESS, dosen di Penginderaan Jauh yang dulu dekat banget dengan kita2 mahasiswanya, dan sekarang menjabat Dekan Fakultas Geografi UGM. Masya Alloh mas Taufik…, kok jadi sampai ke sana..? Tati kan jadi malu..! Seharusnya Tati kan menulis hal2 yang lebih ilmiah sesuai dengan ilmu yang pernah Tati peroleh.., bukan cuma tulisan2 yang berisikan luapan isi hati. Mungkin dosen2 Tati jadi sedih kali yaa… ngeliat anak didiknya jauh dari dunia ilmiah yang sudah mereka ajarkan.. Maaf kan saya ya, Bapak2..!!

Honestly, I love Remote Sensing.. Tati seneng banget bisa nguplek2 di depan foto udara atau citra satelit, baik yang analog maupun digital, terus mengamati pola2 yang tergambar di situ, lalu membandingkannya dengan pola2 aliran yang udah diklasifikasi oleh Zuidam and Zuidam-Cancelado, untuk menemukan jenis landform yang sesuai dengan yang terlihat. Lalu mengamati dan menganalisis landcover sehingga bisa menginterpretasi landuse. Lalu narik2 garis untuk mendelineasi, baik analog maupun digital.. Kerjaan yang asyik karena membutuhkan kepekaan pengamatan, daya analisis yang ok (ini harus di-upgrade melalui pengalaman dan literatur) serta pemahaman akan situasi daerah pengamatan!!

I miss my beautiful school days…!! Jadi kangen dengan hari2 saat bisa “menari2” menyusuri lorong2 Fakultas Geografi. Jadi kangen dengan dosen2.. Jadi kangen dengan Perpustakaan Geografi & Perpustakaan Puspics (istana-nya mbak Yanti).. Jadi kangen Lab SIG dan Lab Puspics (istananya Mas Heru yang suka Tati panggil Tintin.. Hehehe). Jadi kangen dengan ruang penyimpanan peta dan foto udara (istana-nya mas Bahrum..!!!) Jadi kangen dengan tempat pencil “Hello Kitty” warna pink garis2 yang gede banget karena selain memuat alat2 tulis juga harus bisa memuat gunting, selotip dan permanent spidols yang warna warni buat mendelineasi berbagai kenampakan di foto udara atau citra digital. Jadi ingat pena rapido dengan berbagai ukuran.. Jadi ingat kertas2 kalkir.. Jadi ingat Toko Merah di Gejayan..(serta kejadian di depannya, hehehe. Kok bisa ya, Chi?). Hiks..Air mata jadi nitik niyy..

Tapi, karena saat ini Tati bekerja di pemerintahan yang waktunya lebih banyak mengurus administrasi, Remote Sensing sering kali cuma jadi bagian dari ilmu yang pernah Tati pelajari (sejujurnya Tati takut kalau suatu saat diminta pertanggungjawaban akan ilmu yang hampir tidak pernah diamalkan.., Astagafirullah al adzim). Mudah2an suatu saat Tati kembali mendapat kesempatan untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat, walau mungkin dengan cara yang “who knows..!!“. Semoga oh semoga..

2 thoughts on “Penginderaan Jauh……… (2)

  1. Wah.. Seru nih ..😀 ah Ketahuan Deh gmna sebenrernya DPA ku (Pa Taufik) hihi..
    Kenalin Mb🙂 Aku SIGPJ @011.. Maba😀

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s