Opung BS

Op. Bachtiar Syamsul Harahap

Kemaren sore,  David adikku menelpon.. Dia bilang Papa kami akan berangkat dari Medan ke Jakarta untuk melihat Opung BS, yang sudah didiagnosa mengidap kanker paru-paru stadium 4, dan saat ini di rawat di sebuah rumah sakit di kawasan Cinere.  Dan Opung sangat ingin berbicara dengan Papa, keponakannya yang sangat dekat dengan beliau…

Siapa siyy Opung BS, lengkapnya Opung Bachtiar Syamsul Harahap? Opung BS adalah Tulang (saudara laki-laki dari ibu)-nya Papa, sekaligus Uda (saudara laki-laki ayah)-nya Mama.  Dari generasi mereka di keluarga kami hanya tinggal Opung BS dan adik perempuannya yang paling bungsu, Opung Tiurma, yang masih ada.  Yang lain sudah kembali menghadap Sang Pemilik Kehidupan.  Opung BS tidak memiliki putra dan putri. Sementara Opung yang perempuan (istrinya) telah meninggal pada tahun 1999 karena kanker di bagian otak.  Aku pernah menulis tentang beliau dan keluarga besarnya di sini

Sedih rasanya mendengar kabar Opung BS sakit.  Di usia beliau yang menjelang 86 tahun, beliau sebenarnya masih sangat menjaga pola makan dan cara hidupnya.  Tapi ternyata penyakit tak dapat ditolak…  Tadi pagi saat ngobrol di telpon, Papa bilang saat dibesuk kemaren Opung terlihat gelisah dan susah istirahat akibat rasa sakit yang dialaminya.  Mudah2an Tuhan berkenan memberikan kemudahan dan hal-hal yang terbaik bagi Opung yaaa…***

12 thoughts on “Opung BS

  1. Mama, abang, dan adikku jg lg kesana… skrg lg menuju Hanopan. Pengen bgt ikut nganter tp gbs ;*

    Dwita Harahap
    (anak dr Amru & Tetty)

    1. @ Dwita : senang banget bisa terkoneksi dengan kamu, putri tulang-ku. Papa kamu dan Mama ku sepupuan. Kamu cucu Opung Toga Mulia Harahap, aku cucu Baginda Soripada. Mereka bersaudara, anak Mangaraja Elias dan Op. Paulina, pemilik rumah besar di Hanopan itu.

      Waktu kamu kecil mungkin kita pernah ketemu.. Karena aku sempat hadir di acara perkawinan Tulang Welly di Hanopan sekitar tahun 1993-an kali yaa..

      Iya aku dengar Papa, Mama & adik kamu pergi ke Hanopan. Papaku juga di sana dengan abangku.. Mamaku enggak ikut karena kesehatannya gak memungkinkan..

      Mestinya kita semua poparan (turunan) mangaraja Elias dikumpulin, seru kali yaa… Kan udah banyak banget tuhhh… Kita aja udah generasi ke 5…

      Keep contact Dwita. Aku ada di FB, Sondha Siregar.

  2. Untuk update lagi, Opung BS sudah meninggal hari Jumat 20/8/2010 sekitar jam 23.00 dan tanggal 21/8/2010 makam istrinya juga sudah digali dan diangkat tulang belulangnya untuk keesokan harinya dibawa ke Hanopan untuk dimakamkan kembali bersama Jenazah Ompung dsana. Rencana Ompung akan dikuburkan di Makam keluarga Harahap besok tanggal 24/8/2010.

    1. @ Andy : iya kami sudah dengar beritanya.. Tulang Beto yang pertama mengabari saya jam 2 pagi hari Sabtu. Papa saya, alias Uda-nya Andy dengan Bang Rio sudah di Hanopan mempersiapkan prosesi pemakaman. May He rest in peace…

  3. Sekedar untuk update, Ompung sekarang sudah baikan Kak dan setahu saya sudah rencana mau pulang dari Rumah Sakit. Tapi masih terus di therapy jalan.

    Saya dengar dari Uda Welly anaknya Ompung Pengayoman katanya Kakak lagi buat tarombo yah? Saya di email dong Kak kalau sudah selesai.🙂 Thanks Kak.

    1. @ Andy : kakak gak buat tarombo… Cuma kakak memang pernah menuliskan tentang keluarga Harahap di postingan kakak yang ini (http://tatianak2.wordpress.com/2007/08/03/ketemu-opung-bs/). Kalau tarombo keluarga Mangaraja Elias sudah pernah ditulis oleh Ompung kamu, Baginda Hanopan. Coba kamu cek di Rumah fatmawati, mungkin masih ada arsipnya. kakak pernah baca tulisan beliau itu saat kakak masih muda, ketika beliau melalui Almarhum Pak Tuo Jakarta (Anwar Siregar) yang rumahnya di Duren Bangka, mengirimkan copy-an nya ke Pekanbaru. kalau kakak tidak salah itu dikirimkan ke semua poparan yang ada saat itu. Nanti kakak cek lagi ke Papa kakak agar bisa dapat copy-an nya, kebetulan kakak akan ke Medan bulan September nanti. Kalo ada nanti kakak kirimkan ke kamu ya..

  4. hubungannya, lupa persisnya, pokoknya on tu son dan on tu son gitulah he..he….
    tp opungku Muslim Jalil Harahap dari Bungabondar, ayah mama, di Medan dulu tinggal di jl Kangkung dan S.Parman, keluarga kita saling mengunjungi kok

    kalau ke Jakarta lagi, kabarin ya, bisa cerita2an nanti

  5. @ Monda : waduhhhh, terkoneksi lagi sama saudara niyy… Kamu gimana hubungannya sama beliau? Klo aku, Ibu dari Papa-ku adalah kakak kakak kandung Op. BS, sedangkan ayahnya Mamaku abang kandung beliau.. Begitu juga Opung Pangayoman.. Opung Pengayoman adalah anak laki2 paling bungsu di keluarga mereka..

  6. ini opung jaksa kan ?
    sodara dong kita,
    waktu opung yg dua lagi masih ada, tahun baru pasti berkunjung ke rumah mereka

    opung pengayoman malahan yang banyak bantu aku waktu mau wks ke daerah,
    salam sama bujing Meity ya, masih di pekanbaru kan?

    alm opung dulu di jl s. parman

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s