2 GWK Finally….

@ Patung Dewa Wishnu

Yuuupppp….. Finally aku sampai juga ke GWK…  Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Sabtu 19 Juni 2010 yang lalu…

Kok kesannya aku norak banget yaaa… Orang2 juga udah pada kapan tau ke GWK… Dasar katrok…!!!

Bukan begitu teman2… Berkunjung ke GWK sebenarnya sudah hadir di pikiranku sejak tahun 2008, tapi belum ada aja kesempatannya…  Biasa lah, sebagai PNS alias Pegawai Ngeri Sekali aku gak bisa seenaknya menggunakan income yang limited buat mengikuti hobby travelling. Jadi aku memanfaatkan perjalanan2 tugas untuk sekaligus menyalurkan hobby yang satu ini….

Sebenarnya perjalanan ke GWK sudah direncanakan tahun 2009 yang lalu.. Tapi orang yg dipercaya untuk mengelola perjalanan tsb tidak berkoordinasi..  Dia memberi tahu aku hanya sehari sebelum perjalanan dilakukan.  Emangnya aku koper yang bisa diangkut begitu saja tanpa persiapan.. Mana pada tanggal segitu aku juga sudah ambil tiket untuk ke Medan mengunjungi Papa dan Mama.  Dan lebih dasyatnya lagi, orang itu pergi ke GWK Bali, sementara Tim nya Pak Nyoman yang menurut rencana akan menemui kita di GWK untuk mendampingi dan memberikan penjelasan mengenai system manajemen GWK justru pada saat yang bersamaan terbang ke Pekanbaru untuk menemui  atasan ku.    Padahal tujuan perjalanan itu adalah untuk belajar dari mereka….  Hmmmmm…. Jaka Sembung Bawa Golok…   No comment achhhh….!!!!

GWK mulai hadir di benak ku saat aku pada tahun 2008 mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Pak Nyoman Nuarta “Sang Pembuat Patung GWK” dan Tim beliau dalam satu pekerjaan yang dipercayakan pada ku di tahun itu.. Sungguh suatu pengalaman pekerjaan yang menyenangkan dan membuka wawasan..  Aku bahkan sempat diundang oleh beliau untuk berkunjung ke markasnya yang merupakan Sculpture Park di Kawasan Setra Duta di Bandung Utara.  Lalu aku juga sempat diajak ngobrol oleh beliau di ruang kerjanya, mengunjungi bengkel kerjanya, melihat proses pembuatan beberapa bagian patung GWK yang sedang dikerjakan, melihat  pembuatan beberapa bagian Patung Anugrah yang akan diletakkan di Sibolga Kabupaten Tapanuli Tengah.  Pengalaman yang luar biasa buat aku…

So…., apa yang aku lihat di GWK…?

stairway 2 Patung Dewa Wishnu

Aku menemukan site yang luar biasa… Ada tangga yang bertrap2 untuk menuju lokasi patung setengah badan Dewa Wisnu… Lalu dari bagian belakangnya kita bisa melihat bagian patung kepala burung Garuda di bagian bawah, tapi sebenarnya cukup tinggi karena untuk ke lokasi tersebut kita pun harus naik trap2 yang berada di Lotus Pond.. , yang di sisi2nya terdapat potongan2 bukit karang yang dipotong2 jadi wujud persegi…  Sementara di plaza di bawah trap2 menuju patung Burung Garuda,  disewakan motor2 ATV untuk pengunjung… Kayaknya seru naik motor ATV di plaza yang lega dan diiringi hembusan angin yang kencang….

stairway 2 Patung Garuda

Sebenarnya untuk sampai ke lokasi  Patung Dewa Wisnu, kita harus menyusuri 2 kelompok anak tangga yang dihubungkan dengan sebuah taman untuk duduk2 sejenak, menarik nafas sebelum melanjutkan perjalanan menyusuri kelompok tangga yang lebih terjal…  Sebelumnya, di aatara pintu masuk dengan  kelompok tangga pertama serta sebelum pintu masuk ke Lotus Pond kita menemukan toko2 kecil yang dilengkapi tempat duduk2 yang menjual makanan, minuman, peralatan spa, sabun2 lucu dan souvenirs…  Tempat yang nyaman buat duduk…  Lalu di pintu keluar, seperti juga di Botanical Garden di Singapore, kita melewati toko Souvenir khas GWK.. Aku…, aku menemukan sebuah mug dengan symbol GWK  yang keren di sisinya..  Lumayan untuk kenang2an..

@ Gerbang Lotus Pond…

Satu hal yang luar biasa… GWK membuat lahan yang tak berharga menjadi sangat mahal… Membuat suatu pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang hidup di sekitarnya…

Aku masih berharap suatu hari nati bisa ke GWK didampingi oleh Tim Pak Nyoman untuk belajar mengenai konsep pembangunannya serta konsep pengelolaannya…,  danmamanfaatkan pengalaman mereka  tersebut untuk  pembangunan destinasi2 unggulan di Riau… Hmmmmm…. Mimpi indah yang semoga bisa jadi kenyataan…

6 thoughts on “2 GWK Finally….

  1. wah fotonya keren… sayang wkt ke GWK kemarin malam hari sehingga kurang bisa puas memandang GWK & sekitarnya…. oya, ada info klo bagian patung2 itu pembuatannya di Bandung, bukan Badung, apakah betul?

    1. @ Mechta : bener.. patung2 itu semuanya kan bahanya metal.. dibuat di bengkel Pak Nyoman di Kawasan Setra Duta Bandung, lalu dirakit di lokasinya di Bali.. Kebetulan aku pernah ke bengkel yang berada di lingkungan Sculpture Park dan sekaligus tempat tinggal Pak Nyoman. Pergi lah ke sana kalau ada kesempatan.. Dibuka untuk umum kok… ini alamat web nya http://www.nuarta.com/park.htm

    1. @ Monda : aku juga sebelumnya udah lama gak ke Bali.. kali ini ke sana karena tugas dari kantor… trus dimanfaatin deehhh….

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s