Dua Serangan…

sick-womanSelama bulan Desember 2008 ini Tati mendapat dua serangan penyakit..   Saat serangan pertama kali datang  Tati lagi di kantor.   Tati mendadak merasa tubuh sakit2 kayak saat PMS tapi sakitnya lebih kuat, membuat Tati benar2 merasa gak berdaya sehingga terpaksa tidur di sofa di sekretariat Panitia Lelang.  Tapi tidur tidak membuat tubuh Tati lebih baik..  Karena saat bangun tidur, badan makin sakit, suhu tubuh makin tinggi, seluruh kulit wajah memerah.. Lalu diikuti rasa pahit di lidah dan kehilangan selera makan, lalu diikuti oleh diare.. Setelah ke dokter dan minum obat yang dikasi dokter, alhamdulillah sembuh.. Menurut dokter itu hanya karena kuman yang menyerang pencernaan.

Sembuh sekitar 4 hari, Tati merasakan ngilu-ngilu di sendi-sendi..  Tadinya Tati pikir itu semacam PMS, tapi rasanya kok aneh karena rasa nyeri itu justru muncul di hari pertama Tati getting period.  Biasanya rasa nyeri dan pegal-pegal di tubuh muncul saat menjelang periode datang, alias Pre-Menstruation Syndrome.  Tapi rasa nyeri semakin kuat, mulut juga terasa sangat pahit sehingga Tati mutusin enggak masuk kantor keesokan harinya, lalu manggil Bude yang biasa seminggu sekali mijit Tati.  Pijitan dari Bude mengurangi rasa nyeri tapi ternyata hanya sebentar..

Malam hari saat nganter Ira, ponakan Tati, ke bandara,   tiba2 Tati merasakan sakit yang luar biasa, hingga gak bisa menahan air mata menetes..  Tati gak sanggup menunggu keberangkatan Ira di bagian keberangkatan, Tati  mutusin untuk berbaring menahan sakit di jok belakang mobil.  Begitu Ira berangkat, Tati minta kak Lintje dan bang Parlin langsung membawa Tati ke dokter Ekmal yang tinggal dan praktek di sebelah rumah.

Ternyata menurut dokter Tati mengalami demam Chikunguya, yaitu deman akibat terinfeksi virus Chikungya yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yang juga menjadi penyebar virus penyebab DBD.  Virus Chikungya efeknya tidak seperti DBD yang menurunkan trombosit dalam darah, sehingga bisa mengakibatkan kematian, tapi rasa sakit pada sendi2 yang diakibatkannya luar biasa..  Di kulit juga muncul titik-titik merah, terutama di bagian depan tungkai  kaki…

Karena gejala penyakit ini akan hilang dengan sendirinya, yang bisa diberikan oleh dokter adalah antibiotik, vitamin dan penghilang rasa sakit. Nah obat penghilang rasa sakit yang diberikan dokter adalah Mefenemic Acid.  Tapi karena Tati sangat sulit buat makan akibat mulut yang terasa pahit, sehingga hanya makan roti sekedarnya, plus mengkonsumsi Mefenemic Acid membuat maag Tati jadi ikutan betingkah.. Di hari keempat, mendadak Tati terbangun menjelang subuh karena rasa ingin muntah yang luar biasa.. Padahal untuk bisa tidur aja susah karena rasa sakit di sendi-sendi.   Dan Tati beneran muntah, rasanya sakit banget karena muntahnya gak cuma berasal dari tenggorokan, tapi dari lambung…  Tapi setelahnya tubuh lebih ringan, meski rasanya lelah banget..  Setelahnya Tati selama dua hari gak ngapa-ngapain kecuali berbaring…

Dan finally, setelahnya Tati kembali bugar…  Alhamdulilllah..   Bahkan di hari pertama masuk kantor Tati bisa kembali aktif…  Bahkan lebih dari 15 kali naik turun tangga dari lantai 1 ke lantai 2, buat ngikutin rapat dengan para senior dan nyiapin surat-surat yang diminta atasan..  Senang sekali rasanya bisa kembali aktif….

Buat teman-teman yang terkena virus Chikunguya, menurut dokter ya harus makan dan minum vitamin supaya daya tahan tubuh membaik.  Soal sakitnya….? Hmmmm, terpaksa pasrah ya.. Paling cuma bisa minta dokter memberikan obat buat mengurangi rasa sakitnya… Tapi mudah2an jangan ada yang juga kena virus ini deehhh…

4 thoughts on “Dua Serangan…

  1. amin…
    bahaya juga…

    tapi bagaimanapun susahpayahnya aku membersihkan tempat yang ku anggap sarang nyamuk… masih ada juga nyamuk nya…

    capek aku…

    saLam kenaL…

  2. hari gini kan cuaca lg ga beres, emg musti jaga kesehatan. aku pernah dengar virus itu… hmmm tp sekarang udah sehat kan ya kak? lama banged blog ini ditinggalkan🙂

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s