What’s A Reunion For…?

Dua tahun terakhir ini melalui situs pertemanan FB aku menjadi terkoneksi kembali dengan banyak teman2 lama, dengan pribadi-pribadi2 yang pernah hadir, mengisi bahkan mewarnai hidupku… : teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah S1, teman kuliah Pascasarjana, teman2 saat mengikuti beberapa kursus, kerabat, kenalan keluarga dan banyak lagi…

Reconnected2 ini mostly menyenangkan… Bagaimana tidak… Di hari2 kehidupan yang sibuk dengan pekerjaan, kita menemukan kembali teman2 kita, orang2 yang pernah dan masih perduli dan sayang dengan kita…  Itu anugrah yang luar biasa bukan…?  Apalagi kita lalu bisa menyapa mereka di sela2 waktu… Hidup menjadi lebih berwarna…

Tapi ada juga siyyy yang menyebalkan… Seperti seorang teman lama yang mungkin hidupnya bagai katak dalam tempurung (Ida sahabatku, aku pinjam istilahmu ya… Permisi…!!! Hehehe), yang berpikiran bahwa hidup adalah sesuatu yang stagnant, bahwa di situs pertemanan ini aku  hanya terkoneksi dengan dia dan teman2 kita saja.   Lalu dia meninggalkan comment seenaknya tanpa pikir panjang, yang membuat seluruh dunia bisa mengetahui ketidakbijaksanaan di masa lalu…  Bukannya tidak mau jujur dan menerima kesalahan masa lalu sebagai kenyataan hidup.. Tapi kesalahan adalah sesuatu yang harus menjadi pelajaran dan diperbaiki…, bukan buat diumbar2 sehingga seluruh dunia mengetahuinya…  Lagi pula semua orang pernah berbuat salah, bukan…? It’s  a process…!! Itu lah hidup…

Setelah terkoneksi di FB, aku sebagaimana FB-ers lainnya, dilanda demam reuni… So, terjadilah reuni dan reuni dengan berbagai kelompok dan berbagai skala..

Reuni apa aja yang udah aku jalani dalam dua tahun ini…?  Here d list n some of d pictures…

1.  Reuni Sosek 1987-1988, 16 April 2009..  Dihadiri oleh lebih dari 50 orang teman2 se-jurusan di Sosek Pertanian, IPB. Dimulai dengan kumpul di Taman Koleksi, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, lalu mengunjungi kompleks bangunan yang dahulunya digunakan untuk Jurusan Sosek, dan dilanjutkan dengan maksi bmm (makan siang, bayar masing-masing) di Botani Square yang berada di lingkungan Kampus Baranang Siang.  Setelah reuni ini aku jadi dekat kembali dengan teman2 mainku saat di Bogor, kita bahkan bikin arisan supaya tetap harus berkomunikasi… Bahkan akhir February lalu kita  pergi liburan bareng ke Sing selama 5 hari… Seru bangets kan…?

Reuni Sosek IPB 1987 - 1988

2.  Bulan May 2009 berkunjung (alias reuni skala kecil ) ke Mba Jane Mohede dan keluarga, mantan ibu kost  di Jl. Pangrango 16 Bogor.  Tempat kost yang saat ini sudah jadi Met Liefde Cafe.

3. Masihh bulan May 2009, ketemuan dengan teman2 SD Teladan Pekanbaru di Urban Kitchen, Senayan City.  Pertemuan ini jadi awal reuni besar2an alumni SD Teladan yang masuk tahun1974 dan lulus 1980.

4. Bulan Juni 2009, Reuni Alumni SD Teladan yang masuk tahun1974 dan lulus 1980.  Untuk menghadiri reuni ini, teman2ku datang dari Banda Aceh, Palembang dan Jakarta..  Heboohh gak siyyy??? Reuni ini bahkan dihadiri oleh 8 orang guru kami saat SD, dan 2 di antaranya telah berpulang setelah reuni tersebut.

Reuni SD Teladan 1974 - 1980

5.  Berkunjung ke keluarga Parliyanto Dharmawan (mas Papank) di Lombok, NTB sembari bertugas  pada pertengahan April 2010.  Bu Papank alias Opi adalah sahabatku, mantan teman sebelah kamarku di kost2an di Cirahayu 4 Baranangsiang 3 Bogor  24 tahun yang lalu..  Kebayang kan, gimana bahagianya bisa ngobrol  dan jalan2 dengan sahabat lama plus 3 anak2nya…?

6.  Bertemu dengan Miko, Mia dan Kak Andri, teman2 yang sudah aku kenal,(juga) sejak 24 tahun  (lebih dari separoh umur yaaa…?) yang lalu, di Viethophia Cikini saat bertugas  akhir April 2010.

7.  Reuni 5 Angkatan Alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru, hari ini.. Angkatan 1983 – 1987…

Apa sebenarnya  manfaat reuni2 yang sudah aku jalani itu….? Tersambungnya kembali silaturahmi…, itu sudah pasti.. Silaturahmi yang insya Alloh akan membuat usia panjang dan berkah.. Silaturahmi yang membuka pintu2 rezeki, insya Alloh…  Selain itu, rasanya bahagia sekali di tengah dunia yang semakin keras ini kita bisa bertemu kembali dengan orang-orang yang kita sayangi dan menyayangi kita.. Orang2 yang pernah memberi warna dan keceriaan dalam hidup kita.. Orang2 yang insya Alloh akan membantu menguatkan kita dalam menghadapi perjalanan hidup..

Tapi kita juga tidak bisa menutup mata menghadapi kemungkinan lain yang terjadi pada reuni..  Berkumpul dengan teman lama membawa semua yang hadir pada kenangan  masa lalu, yang tidak seluruhnya manis… Ada yang pahit, ada juga  kekonyolan, kebodohan bahkan kesalahan.. Karena that’s life.., selalu ada 2 sisi..  Butuh rasa bijak, kedewasaan dalam menghadapi hal-hal yang seperti ini…

Sungguh aku merasa tidak nyaman ketika dalam suatu reuni ada teman yang mengungkit2 sikap dan tindakan seorang teman kita di masa lalu..   Bukan berarti  aku setuju dengan sikap dan tindakan teman ku itu…  Tapi dengan membahasnya di depan umum toh tidak akan membuat kita menjadi lebih baik dari teman yang pernah berbuat salah itu, bukan…? Rasanya malah membuat kita menjadi lebih rendah…  Lagi pula kita kan juga tidak sempurna teman…   Masing2 kita punya kesalahan, cuma mungkin wilayah dan skalanya berbeda…  Entah lah….

Sungguh aku pun tidak nyaman ketika teman2 membicarakan perubahan status seorang teman. Bukan karena status ku yang belum menikah mungkin juga cacat di mata “masyarakat normal”…? Tapi siapa siyyy yang mau berpisah dari pasangan hidupnya…? Siapa siyy yang mau punya rumah tangga berantakan…? Siapa siyy yang tidak mau hidup ideal…? Tapi kalau itu adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukannya, kenapa justru kita sebagai teman2nya tidak memberikan dukungan dan simpati, paling tidak dengan tidak membicarakannya di sana sini…? Sekali lagi entah lah…

Kalau memang kita tidak bisa bersikap dewasa dan bijak dalam reuni, jadi untuk apa sesungguhnya reuni itu teman2….? Hayyyuuuhhh kita renungkan kembali…

4 thoughts on “What’s A Reunion For…?

  1. Knock..knock…numpang ikutan ngobrol dong. Kalau saya boleh tanya apakah anda punya nomor tilpon atau email address ibu Jane Mohede isterinya Bpk. Isa Sungkar? Saya teman Jane dari SMP di Jakarta dan kehilangan jejak sejak kita semua sibuk dengan keluarga masing2. Saya sekarang bermukim di negara paman Sam dan sudah bercucu. Terima kasih banyak sebelumnya.

  2. Reuni memang mempertemukan kembali sosok2 yg pernah bersama suatu wktu duluuu. Namun seringkali kita lupa bhw manusia berubah….itulah yg seringkali mengundang kecanggungan2 saat bertemu kembali. BTW….iri karena Sondha sdh reuni dg tmn2 kuliah…. kapan giliranku ya? hehe…

    1. Digalang atuuuhhh…. Emang harus ada orang yg ,mau woro2…. Terus, kalo udah ngumpul beberapa, diminta mereka menggalang teman2 yang masih terkoneksi dengan mereka… Misalnya 1 bawa 3…, kayak multi level marketing gitu… Waktu reuni Sosek kita benar2 memanfaatkan FB… Kamu coba deeh…

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s