Ketemu Beta…..

Kamis, 20 September 2007 sekitar jam 13an waktu Pekanbaru… Tati lagi nyusurin tangga kantor dari lantai 3 ke lantai 2. Tiba2 tidit tidit…, hp Tati bunyi.. Di layar hp terlihat “Syahida”. Tati langsung tekan tombol “answer”. Lalu….

Tati : Ya Da, assalammualaikum.
Ida : : Waalaikum salam. Woi.. awak tu lagi sibuk?
Tati : Biasalah, Da. Ngapa, Da..?
Ida : Bisa awak tuh ke sini? Beta datang dari Jakarta, dia nginap di Rauda. Sekarang di sini udah ada Deyu. Datanglah awak tu ke sini, ya..
Tati : Iya lah. Tapi setengah jam lagi ya.
Ida : Iya lah. Ndak apa2 do. Ditunggu, ya. Assalammualaikum.
Tati : Waalaikum salam.

Tati lalu segera melanjutkan kerja, menemui ibu sekretaris di kantor untuk minta pertimbangan atas suatu pekerjaan. Setelah selesai diskusi dengan beliau, Tati kembali ke ruang kerja di lantai 3 buat ngasi catatan atas hasil diskusi dengan si ibu untuk dikerjakan oleh teman di rungan, lalu ngambil tas dan kunci mobil. Lalu segera menuju hotel Rauda.

Di lobby hotel, Tati menemukan Ida sedang duduk dengan seorang ibu2, yang ternyata guru ngajinya. Waktu ditanya mana Betta dan Deyu, Ida bilang mereka sedang sholat di musholla hotel. Tati lalu ngobrol2 sama Ida dan guru ngaji. Gak lama, Deyu muncul. Ternyata Beta udah lebih duluan selesai sholat, cuma dia gak menghampiri kita karena dia pikir Ida ngobrol sama orang yang gak dia kenal… Beta gak ngenalin Tati, mungkin karena udah pake kerudung kali ya… ? Padahal Sondha yang dia tau kan gokill…. Gue masih gokil kok, Bet…!!! I still have wild and crazy spirit inside me… ! Tenang aja…! Hehehe…

Sementara, Ida ngaji dulu sesuai dengan jadwal rutinnya, kita bertiga : Tati, Deyu dan Beta lalu ngobrol di lobby hotel Rauda, sembari Deyu berusaha mengontak teman2 lain. Pengen ngumpulin teman2 lama nih… Beta ke Pekanbaru karena ada pekerjaan. Dia kontak teman2 setelah pekerjaan selesai, padahal dia cuma di Pekanbaru 1 hari. Jum’at pagi jadwalnya Beta udah balik lagi ke Jakarta. Kalo dadakan gini, agak sulitlah mengumpulkan teman2 dalam jumlah banyak. So, terbatas lah ya teman2 yang bisa dikumpulin.

Btw, siapa sih Beta?

Beta? Lengkapnya Beta Proton Dalijus, adalah teman sekelas Tati sejak kelas I-11 sampai dengan kelas III IPA1 SMA 1 Pekanbaru. Namanya aneh ya..?Tati tuh awalnya gak ngeh kalo sekelas sama makhluk yang satu ini, sampai suatu hari dia menyapa Tati dengan sapaan yang aneh… (lhoe masih ingat gak ngomong apa ama gue waktu itu, Bet ? Gue inget soalnya nyebelin…. ! Hehehe)

Beta : Eh, kamu tuh yang waktu masuk sekolah nomor pendaftaran sekian sekian ya?
Tati : Kenapa emangnya?
Beta : Kamu yang rangking sekian di ujian seleksi masuk sekolah, kan ?
Tati : Kok tau2an? Lagian kenapa emangnya ?
Beta : Iya, aku mau tau aja, siapa anak yang rangkingnya paling tinggi di ujian masuk sekolah yang ada di kelas ini.
Tati berkata dalam hati, “Terus mau ngapain? Apa masalahnya? Aku mau rangking 1, rangking sejuta, terus kenapa? Apa mau jadi saing2an… Malas lah ya…. Hehehe

Tapi terus Beta suka ngajak ngobrol tentang pelajaran. Tati jadi ngerasa asik aja dapat teman yang punya minat yang sama.. Apalagi Tati tuh seneng banget ngerjain soal2 ujian masuk perguruan tinggi terbitan Ganeca Exact Bandung. Tati dan Beta akhirnya jadi teman baik, suka belajar bareng. Telepon2an buat ngebahas PR dan segala tugas sekolah. Kayaknya waktu itu telpon di rumah kalo pagi hari susah dihubungi deh.. karena kita ngobrol melulu, hotline… Untung Ibu gak pernah complain tagihan telepon yang mungkin membumbung ke langit.. (You always understood me, Bu…!! I miss You very much… It felt like a hell when You had left me in my younger days.. When I need You most to take care of me. I still feel hurt when remember You. I can’t stop my teardrops falling down…)

Tapi Tati gak cuma main dengan Beta pada waktu semester satu itu. Tati punya teman main tapi dari kelas lain yaitu kelas I-3, Ida, I-in dan Deyu. Ida adalah teman Tati sejak di SD Teladan, dan sekelas dan menjadi teman dekat selama 3 tahun di SMP 4. I-in alias Febrina Amrah Putri, adalah teman Tati waktu kelas 2 sampai 4 SD Teladan Pekanbaru. Kelas 5, I-in pindah sekolah ke SD Santa Maria, dan tetap sekolah di Santa Maria sampai SMP. Lalu Deyu? Deyu adalah teman satu sekolah waktu di SMP 4, tapi gak pernah sekelas. Deyu di SMP kelas A, sementara Tati dan Ida kelas J. Kita jadinya suka main berlima.. Naik motor kemana2… Hari2 diisi dengan main, main dan main… It was wonderful younger days, wasn’t it buddy..?

Karena selalu kemana2 sama, suatu sore, saat pulang sekolah Bu Normalia Harahap yang Kepala Sekolah ngeliat Beta naik motor gonceng 3 di gerbang sekolah, pas Tati juga lagi ada di sekitar situ. Waktu Beta dipanggil sama Bu Normalia, eh dia sama teman2nya malah langsung ngabur.. Bu Normalia langsung manggil Tati. Tati disuruh nyari Beta dan suruh menghadap sore itu juga. Tati terpaksa nyusul Beta ke rumahnya di Jl. Diponegoro Ujung, lalu membujuknya untuk menghadap Bu Norma sore itu juga. Dan, gak cuma sampai disitu.. Tati juga nganterin sekolah, karena ternyata scooter Beta lagi ngadat (makanya nebeng teman, dan gonceng tiga), lalu nemanin dimarahin Kepala Sekolah… Kok bisa ya, nemenin teman dimarahin Kepala Sekolah…?! Gak ada kerjaan, kaleeeee…. !!!!Haaaallllaaahhh!!

Back to this time..:

Beta yang alumni Teknik Sipil STTN dan Manajemen Kontruksi UI, sekarang kerja sebagai konsultan di bidang Sipil dan sudah punya 1 putri dan 2 putra. Congrats ya, buddy. I’m happy for U.

Kita lalu ngobrol2 dari siang sampai sore di Rauda. Tati lalu cerita kalo Tati punya blog, dan beberapa minggu yang lalu bikin 2 posting tentang teman2 SMA, gara2 ketemu Yusnan di tempat cucian mobil. Dan diblog itu Tati upload foto2 SMA. Beta penasaran pengen tahu foto yang mana.. Setelah Tati ingat2 ternyata gak ada foto2 Beta difoto yang diupload.. Foto2 SMA yang banyak foto Beta, kayaknya di album SMA yang justru gak ada pada Tati saat ini. Entah ketinggalan dimana. Malam, Tati coba2 buka album2 lama, ternyata foto Beta emang langka di album Tati. Hanya nemu 2 buah. Yang satu foto berlima yang dibuat setelah pesta ulang tahun Tati yang ke 16, yang satu foto waktu acara ulang tahun Tati ke 18. Kedua2nya dibuat di rumah Jl. Durian…

Here the jadul pics, buddy…. More than 21 years ago….
Semoga bisa bikin kamu tersenyum mengenang kebahagian masa muda dan indahnya pertemanan…

L-R : Deyu, Tati, Beta, I-in dan Ida

Depan, L-R: Pepen, Wahono, Beta, Syaifuddin Zufri dan John

Kita saling bercerita tentang apa yang terjadi selama 21 tahun gak pernah ketemu… Tapi gak cukup waktu lah… It was a very longtime… So many happened to our life.. Two hours are not enough to share…. Mungkin udah waktunya kita membangun kembali komuni
kasi dengan teman2 sekelas di SMA, membangun silaturahmi… Friendship is one of most precious things in life, isn’t it ??

Beta juga cerita kalo kakaknya, Scoda Yulia, yang satu tahun di atas kita waktu SMA, sudah berpulang ke Rahmatullah, karena serangan demam berdarah 5 tahun yang lalu. I still remember you, Coda. Semoga Allah berkenan melapangkan jalan kamu, ya. Amin ya Rabbal Alamin.***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s