The Namesake…

Akhir pekan sebelum puasa, salah satu vcd yang Tati beli judulnya The Namesake. Film ini adalah film tentang orang Amerika keturunan India (Benggali), yang mencari identitas diri. Tati jarang banget nonton film India, tapi film yang ini Tati pengen nonton karena menyangkut pencarian “akar” di tengah dunia yang berbeda…

Ngomong2 film India… Waktu kecil, karena (alm) Ibu dan (alm) Tante Mong, adik ibu, suka banget nonton film India, Tati, kalo gak salah ingat, sering dibawa ke bioskop Astanaria yang berlokasi di daerah Pajak (pasar) Pringgan Medan buat nonton film India. Bioskop ini kalo gak salah, udah ditelan zaman deh.. Tapi setelah bisa pergi nonton sendiri, Tati tuh rasanya ogah ngeluarin duit buat nonton film India. Geli aja rasanya ngeliat, orang ketemu tembok terus nyanyi…, ketemu sapi nyanyi… Pake adegan kejar2an di taman bunga… Haaallllaaaah…. Oging gue …!!!

Tati nonton film India setelah dewasa itu, pertama kalinya di Yogya… Film apa? Kuch kuch Ho Ta Hai.. Kok bisa mau nonton film itu? Tati sebenarnya gak mau nonton…, sumpah…!!! Terus… waktu itu Ical, teman kuliah di Yogya yang suka banget main ke rumah (kost2nya deketan), datang ke rumah ngebawain VCD Kuch Kuch Ho Ta Hai …

Ical bilang : “Mbak Sondha, ini ada film bagus. Nonton deh.”
Tati : :Film, apa ‘Cal?”
Ical : “Film India, mbak. Judulnya Kuch kuch Ho Ta Hai.”
Tati : “Ogah, ah.. Geli gue nonton film India. Gak mau.”
Ical : “Nonton deh, mbak. Bagus beneran.”
Tati : “Engggggggggaaaaaaaaaaaaak mau!!”
Ical : “Saya tinggal di sini aja VCDnya, ya mbak. Biar kalo ntar mbak berubah pikiran (emang gua gila apa “berubah pikiran”,hehehe), bisa nonton. ”
Tati : “Bawa aja ah.. Gak mau gue.”
Ical : “Coba dulu lah, mbak.”
Tati : “Kok, kamu ngotot sih?”
Ical : “Mbak, aku tuh kalo nonton apa2 gak pernah deh pake rasa2.. Eh, nonton film ini aku tuh nangis, mbak. Aku pengen tau, mbak kalo nonton ini nangis juga gak?” Hayyyyyyyaaaaahhhh, maksudnya gitu lho…?

Tati akhirnya nonton juga… Dan nangis juga waktu liat adegan si anak bacain puisi “Mother”. Hehehehe. Ical emang bokis….

Tati jadi kangen teriakan Ical tiap pagi di depan rumah buat nyari teh anget di tempat kost Tati… “Mbak Sondha..!! Assalammualaikum..”
Terus kalo udah masuk, mulai deh Ical ngoceh “Punya teh anget, mbak? Tuan rumah yang baik itu biasanya… bla bla bla bla.” Hehehe…
Tati pernah nanya ke Ical, kenapa suka ke rumah Tati pagi2 nyari teh anget? Ical bilang, kalo di tempat kostnya mau bikin teh anget kan dia mesti masak air panas dulu, dia malas ngerjainnya, jadi mendingan namu aja pagi2 ke rumah Tati. Dasar…!!! Ical lebih senang lagi kalo Tati ngeluarain roti pandan yang di tengahnya ada roti putih diisi raisin. Merknya Roti DIKA… Biasanya, mobil toko yang jual roti ini suka nongkrong di depan kantor BRI di seberang Hotel Santika Jl. Jend. Sudirman Yogya… Jadi ngileeeerrrrr… Masih jualan gak, ya…?

Back to main topic.. :
Setelah Kuch Kuch Ho Ta Hai, Tati nonton film India tapi produksi Hollywood tuh ada dua, Bend It Like Beckham dan Bride & Prejudice. Dan dikedua film itu, gak ada acara ketemu tembok nyanyi, ketemu sapi nyanyi… Hehehe. Jadi asyik lah buat ditonton, gak nyebelin…

The Namesake, bercerita tentang A Young India American Man, yang orang tuanya lahir di India dan merantau ke Amerika. Sementara si orang muda dan adiknya lahir dan besar di Amerika. Problem terbesar si orang muda itu adalah “Nama-nya”. Dia diberi nama ayahnya “Gogol” diambil dari nama pengarang buku Overcoat, Nikolai Gogol yang berasal dari Rusia. Buat si Gogol, nama-nya yang gak keren itu, jadi beban.. Ditambah lagi, pengaruh lingkungan yang sangat Amerika, sementara ayah dan ibunya sangat menganut nilai2 India, meski hidup dengan tata cara Amerika.

Film ini kayaknya bagus deh buat ditonton oleh orang muda dan yang merasa masih muda, untuk bisa memahami bagaimana kita harus menerima dan memegang “akar budaya” sekaligus bisa hidup dalam lingkungan yang berbeda dengan akar budaya kita. Buat para orang tua dan calon orang tua, kayaknya film ini juga bagus, untuk melihat contoh orang tua yang berusaha untuk bijak menghadapi pilihan2 hidup anak2nya..***

2 thoughts on “The Namesake…

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s