Eko….

Siapa sih Eko…???? Eko itu cewek.., Nama aslinya malah indah banget, Randra Aprileni.. Katanya dia yang minta dipanggil Eko, secara waktu kecil dia punya teman cowok namanya Eka, pengen bersahabat dengan Eka, eh dia jadi minta dipanggil dengan nama Eko… Aneh ya…???

Tati ketemu lagi dengan Eko tahun 1997 pada saat masuk di Pemko Pekanbaru…
Waktu ngeliat, rasanya mukanya gak asing.., tapi gak ingat pernah bareng dimana..
Karena pernah punya teman dari TK-SMA di Pku, kuliah di Bogor, dan sempat kerja berapa tahun di Jakarta, Tati suka ragu2 kalau ketemu orang yang udah lama banget gak ketemu.. Mikirnya “Dulu bareng dimana ya? Aduh jangan salah ingat…! Kan malu, ntar dipikir sombong. Padahal emang daya ingatnya yang ancur…!”.
Tati coba ingat tapi gak ingat2… Waduh..!!! Sementara Eko negur dengan ramah.. “Sondha, kan? Penempatan di sini ya?”
Tati, pelan2 mengangguk, lalu sambil tersipu2 malu, lalu bertanya “Maaf, ya.. Aku ingat sama wajah kamu… Sama sekali gak asing buat aku. Tapi karena beberapa kali pindah, aku tuh suka bingung dengan orang… Kita dulu bareng dimana ya? Kita satu sekolah ya?”
Eko sambil senyum2 menjawab, “Aku kan yang tinggal di belakang Gedung Wanita di Kompleks Gubernur. Sondha kan teman sekelas kakakku Iwin waktu di TK. Aku ikutan Iwin ke pesta ulang tahunmu waktu di TK…”
Ya ampyuuuuuunnnn…. Pantas aja mukanya gak asing…. Ternyata kita sama2 Preman Kompleks (istilah buat anak2 yang besar di Kompleks Gubernur).
Setelah itu…, kita berteman baik, mesti gak istimewa… Secara waktu itu Eko sibuk dengan bayi pertamanya yang baru hitungan bulan…, sementara Tati masih asik main dengan teman2 yang seangkatan masuk kerja…

Setahun setelah kerja di Pemda, Tati berangkat pendidikan. Maka Eko mulai berperan dalam hidup Tati. Eko setiap bulan mengambil gaji Tati lalu menyetorkannya ke rekening tabungan Tati.. Tiap bulan, gak pernah telat, apa lagi gak nyetor… Eko juga yang ngurus2 administrasi kepegawaian Tati. Gaji berkala, naik pangkat dsb dsb. Itu berlangsung mulai dari tahun 1998 – 2001.., ketika Tati berpindah2 dari satu tempat pendidikan ke tempat pendidikan lain.. dari satu kursus ke kursus lain plus ngambil pasca sarjana di Yogya..

Awal tahun 2002, saat Tati sudah kembali ke kantor.. Kebetulan Tati sedang berada di ruang boss saat dilakukan penyusunan konsep rolling staff kantor. Secara Eko pernah bilang ke Tati dia ingin rolling ke bidang lain supaya ada penyegaran, Tati menyampaikan keinginannya itu kepada Pimpinan. Alhamdulillah, si Bapak menjawab, “Ya udah, Eko sama kamu aja ‘Ndha.”
Eko senang banget…., Tati apalagi…!!!!
Kebetulan di bidang ini hanya kita berdua perempuannya…
Sejak itu kita selalu sama2.. kemana2 berdua…
Gak ada Sondha tanpa Eko, Gak ada Eko tanpa Sondha…
Bahkan kadang2 tanpa janjian kita bisa ke kantor pake kerudung yang sama… Feelingnya jalan…
Kita bahkan bikin baju dinas dan baju Melayu samaan… Jadi bener2 kayak anak kembar… Hehehe.

Bang Heri, teman sebidang pada masa itu (sekarang udah kabid lho!!!) nge’gelarin kita “Zebra Cross”, karena, katanya, kita kemana2 rendengan terus…. Yang satu terang yang satu gelap…, persis zebra cross… Hehehe.
Bahkan ada yang bilang lama2 kita jadi mirip… Itu orang pasti salah mata.. Manalah miiiiiuuuungkin, secara yang satu Batak yang satu Jawa… Yang satu mukanya persegi yang satu mukanya bullet abis…. Hehehe.

Eko selalu ada buat Tati, di saat prahara melanda…
Eko yang selalu menarik tangan Tati untuk keluar dari kantor, masuk ke mobil kala airmata gak bisa ditahan karena hati hancur luluh menahan cobaan…
Eko selalu mengingatkan bahwa semua cobaan akan berakhir…
Eko juga bersama suaminya yang dengan sabar menemani Tati menyusuri pelosok kota mencari istana baru…
Eko juga yang dengan sabar menghadapi sifat childish Tati yang muncul ketika hati gak kuat menahan rasa sakit…
Eko bilang… “Kalo Sondha lagi kumat juteg-nya diamin aja.. Ntar juga baik lagi… Jangan ditanya2…, bisa jebol bendungan airmatanya….”. Hehehe.
She knows me very well…

Yang sulit tuh kalau kita lagi berselisih paham…. Rasanya lebih berat dari pada berselisih paham dengan teman lain… Air mata langsung ngucur…. Gak bisa ditahan..
Kalo udah gitu kita malah saling peluk, dan nangis… Takut kehilangan persahabatan…

Sekitar bulan Mei 2006, Eko pindah ke Pemerintah Provinsi… Di sana tingkat kesejahteraan pegawai lebih baik…, kebetulan ada yang bisa Bantu Eko untuk masuk ke sana… Waktu atasan Tati, akan tanda tangan persetujuan surat permohonan pindah Eko…, Tati ditanya sama si bapak, “Gimana ni ‘Ndha? Kamu gak apa2..? Karena ini artinya kamu kehilangan orang yang biasa memback-up kerjaan kamu, kamu juga kehilangan teman yang biasa sama2 dengan kamu.”
Waktu itu Tati menjawab, “Saya memang memerlukan Eko.., tapi dia berhak atas kehidupan yang lebih baik, dia berhak punya masa depan yang lebih baik.., sementara saya tidak bisa menjanjikan apa2 buat dia… Biarkan dia pergi… Saya setuju. Silahkan ditandatangani surat itu.” Tati ikhlas, beneran ikhlas… bahkan ikut senang.. karena tau hidup Eko akan lebih berwarna di tempat yang baru…

Setelah Eko pindah, frekuensi ketemu jadi turun banget… tapi Tati tahu Eko tetap sahabat Tati… Eko akan tetap ada buat Tati, insya Allah…

Kenangan paling asyikkk adalah saat kita sempat liburan berdua ke negeri singa… Sebenarnya sih perginya berempat dengan kak Idja dan kak Yel… Tapi Kak Idja dan Kak Yel, hanya dua hari, terus pulang duluan.. Sementara Tati dan Eko, liburannya 4 hari, 3 hari di spore dan 1 hari di batam. Kita wara wiri jalan kaki dan naik bus, gak cuma di sekitar Orchad Road… Asyiikk banget…, berdua gitu lho…!!!!
Eko malah udah beberapa kali bilang, “Ayo donk kita pergi lagi.. Pergi dengan Sondha itu asyikk, cuek dan gak ada takutnya… Hehehe. “Kan yang penting megang peta…, Ko..!! Insya Allah aman… Jadi kita pergi liburan lagi nihh..? Maunya kemana, say….??? Tati mah hayyyyuuuuuhhhh aja… Tentuin tujuannya, biar duitnya dikumpulin dulu..***

2 thoughts on “Eko….

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s