B….O…..U…..

Apa itu “BOU”…? BOU itu singkatan dari kata NAMBORU, artinya saudara perempuan ayah. Kalo bukan ethnic batak dan turunannya, pasti agak asing dengan kata ini…, kecuali yang sering ke pasar tradisional yang banyak penjual sayur dan buah berasal dari ethnic batak…. atau mungkin yang pernah nonton drama “Pariban dari Bandung” di TVRI jaman bahuela…. Hehehe.. Biasanya penjual sayur dan buah suka menjajakan dagangannya dengan kalimat, “Sayur, Namboru…” atau “Buahnya, Namboru”..

Namboru juga pangilan menantu perempuan bagi mertua perempuannya. Kok bisa…? Dalam adat Batak, jodoh yang terbaik bagi seorang perempuan adalah anak laki-laki dari saudara perempuan ayahnya, dengan kata lain anak Namborunya, atau istilah populernya Pariban… Kenapa para pedagang itu pakai kata NAMBORU? Mungkin si tukang sayur atau buah berharap kalau dia menyapa calon pembeli dengan Namboru alias mertua, si pembeli akan merasa akrab lalu menghampiri dan membeli dalam jumlah banyak. Bisa aja…!!

So who call me Bou ?
Vania dan Davina (alm), kedua putri bang Rio, lalu Aldy, Abby dan Abner, ketiganya putra David, my youngest brother.

Vani saat ini berusia 3.5yo, lengkapnya Vania Lardes. Cerewet dan lincah.. Tante Po bilang, kalau dilarang sama Papanya, Vania dengan cepat dan suara manja menjawab ”Ya, Papa”, tapi ziunkkk….!!!! Dalam sekejap mata dia sudah melesat mengikuti kata hatinya… Tinggalah Papanya terbengong2 lalu lari mengejar… Hehehe.

Beberapa hari yang lalu, menjelang pulang ke kebun setelah mengantar Vina (alm) ke Sipirok, Vani bicara dengan Bou di telpon, dia bilang…”Bou… kakak gak mau pulang lagi ke kebun.. Kakak mau di Medan aja…”. Mungkin karena di kebun sepi kali ya… apalagi setelah gak ada Vina… Bou bilang, ”Ya udah Kakak nanti sekolah sama Bou aja di Pekanbaru…”. Dia langsung jawab dengan suara melengking heboh… ”Iya Bou, Kakak mau Bou…! I love You Bou…!”.. Nangis deh Bou dengernya… I love You Too, Honey..

Aldy, 10yo.. Dia diberi nama mengikuti nama Papa “Arden Thoman” ditambah dengan Denaldy plus Siregar. He’s very serious boy with good manner tapi juga suka bergaya…, rada modis dan cinta kamera.. hehehe.. Aldy loves science… Kata Maminya, kalo ke Gramedi pilihan bacaannya adalah National Gegraphic… What???? Aldy akan segera menelpon Bou kalau kiriman buku science buat anak2 dalam bahasa Inggris dengan gambar yang meriah sampai ke tangannya. Kata Mami Nana, Aldy dan juga Abner gak bisa ditahan buat menunda membuka paket.. Dasar anak2…

Aldy belajar membaca di usia dini (sekitar 4yo) dengan cara yang ”ajaib” Setelah membaca koran di pagi hari, Papinya memberikan koran tersebut pada Aldy, dan Aldy belajar mengenal huruf dari situ.. Aldy jadi bisa baca sekaligus ”cerdas”… Suatu hari Aldy bertengkar dengan Papinya… karena tidak mendapatkan apa yang dimaunya… Aldy bilang ke Papi, ”Papi akan aku laporkan ke Komnas HAM karena telah melanggar hak azaziku”…. Papi yang sebenarnya terkejut2 tapi tetap harus bersikap tegas, menjawab ”Silahkan saja, Komnas HAM jauh di Jakarta, sebelum kamu sampai di Jakarta Papi duluan akan laporkan kamu ke Polisi di Samarinda sini karena pencemaran nama baik…”Duuugggg…… Skor satu sama॥!!!


Abby, 7yo…, lengkapnya Axel Nathaniel Wiranandra Siregar… Abby paling senang jalan-jalan… Kalo ketemu Bou, selalu bilangnya ”Bou, dek Abby belum pernah ke sana, dek Abby belum pernah ke sini…”। Padahal dia sering ke tempat2 itu… Dia hanya ingin ajak Bou ke tempat2 dimana dia biasa main… (I miss U, jagoan!!!!)


Abner, 4 yo, lengkapnya Abner Harryndra Naiara Siregar. Dek Abner adalah penyembuh rasa lelah Bou…
Beberapa minggu yang lalu, ketika rasa lelah tidak tertahankan, Bou menelpon ke hp Papi David… Papi bilang Papi lagi di jalan… Nanti ditelpon balik… Setengah jam kemudian, hp Bou berdering, dari nomor telepon rumah Papi di Samarinda…
Begitu diangkat terdengan suara Abner, ”Halo Bou… Bou kenapa ? Kata Papi Bou lagi pusing…”
Wezzzzz dada Bou rasanya langsung lapang…, ringan…., beban di pundak terangkat..
Bou jawab ”Bou gak apa2 dek, cuma kecape’an kerja..”.
Abner bilang ”Jangan capek2 donk, nanti Bou sakit”.
Bou bilang ”Dek, kalo disuruh Boss, kita harus nurut.. Gak bisa suka2 kita..”. Abner menjawab ”Bou bilang aja sama Bossnya ”MAKSUD LHOE?””….
Bou nanya, ”Kok gitu dek ngomongnya? Mana boleh..”.
Abner menjawab ”Ya iya, maksud boss apa nyuruh2 Bou, emang gak ada yang lain ya…?”… Gubraaaaaak…..
Tapi kata Papi, saat itu dek Abner memang terkena demam ”Maksud Lhoe”, setelah dia nonton sinetron di kantor Papi dan Mami.. Papi dan Mami kecolongan.., karena di rumah mereka sinetron dilarang tayang..
Kali lain, Abner mengadu… ”Bou, Papi itu baik lho… Tapi kata Papi kalau nakal aku akan dipang sampai ke awan….” Halah dek …. ***

Sile tinggalkan komen, teman-teman...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s